Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP pada Pembelajaran Model Connected Mathematics Project

Wasiah, Ulfatul (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Ingin Tahu Siswa SMP pada Pembelajaran Model Connected Mathematics Project. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)

Abstract

Rendahnya tingkat berpikir kritis dan keingintahuan siswa terhadap materi pelajaran matematika dapat mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut, salah satunya dengan menerapkan model connected mathematics project dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur (1) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran dengan model connected mathematics project dibandingkan dengan sebelum mendapatkan pembelajaran dengan model connected mathematics project, (2) peningkatan rasa ingin tahu siswa setelah pembelajaran dengan model connected mathematics project dibandingkan dengan sebelum mendapatkan pembelajaran dengan model connected mathematics project. Penelitian jenis pre-experimental design dengan pendekatan kuantitatif ini diselenggarakan di SMP IT Assa’idiyyah Kudus dengan populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII sebanyak 181 orang. Pemilihan sampel penelitian diterapkan teknik purposive sampling yakni mempertimbangkan kemampuan siswa pada setiap kelas yang berbeda-beda, sehingga dipilihlah kelas VIII Tahfidz sebagai sampel penelitian yang terdiri dari 33 siswa, dengan alasan kemampuan siswa pada kelas tersebut cukup merata. Dalam pengambilan data, peneliti memanfaatkan metode tes, angket, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dari penelitian itu kemudian dianalisis melalui pengujian komparasi rata-rata dua sampel berpasangan atau Paired Sample T-Test dan uji N-Gain, yang terlebih dahulu diuji prasyarat yakni uji normalitas. Menurut analisis data penelitian, didapatkan hasil: (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sesudah pembelajaran dengan model connected mathematics project. Hasil perhitungan data memperlihatkan nilai t_hitung=25,68 lebih besar dari t_tabel=1,69, nilai rata-rata tes akhir lebih tinggi dengan nilai 78,24 dibandingkan tes akhir dengan nilai rata-rata 45,88, kemudian nilai Sig. (2-tailed)nya adalah 0,00<0,05, dan nilai rata-rata N-Gain 0,6078 yang berarti mempunyai rata-rata tingkat N-Gain “sedang”. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sesudah diimplementasikan model connected mathematics project; (2) peningkatan rasa ingin tahu siswa sesudah pembelajaran dengan model connected mathematics project. Hasil perhitungan data memperlihatkan nilai t_hitung=27,05 lebih besar dari t_tabel=1,69, nilai rata-rata tes akhir lebih tinggi dengan nilai 82,42 dibandingkan tes awal dengan nilai rata-rata 54,45, lalu nilai Sig. (2-tailed)nya diperoleh 0,00<0,05, dan nilai rata-rata N-Gain 0,6237 yang berarti mempunyai rata-rata tingkat N-Gain “sedang”. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terdapat peningkatan rasa ingin tahu siswa sesudah diimplementasikan model pembelajaran connected mathematics project.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Naili LumaatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Rasa Ingin Tahu, Model Pembelajaran Connected Mathematics Project
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:29
Last Modified: 09 Aug 2023 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10804

Actions (login required)

View Item View Item