Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo

Zulfa, Shofia Rohana (2023) Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI IPA MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode True Experimen. Desain penelitian yang digunakan yakni posttest-only control group design. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 57 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ketercapaian pelaksanaan metode GQGA pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI IPA 1 MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo terlaksana dengan sangat baik. Tingkat ketercapaian tersebut dapat dilihat berdasarkan lembar observasi yang dinilai oleh observer. (2) Keaktifan siswa pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI IPA 1 MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo setelah diterapkan metode GQGA dinyatakan tinggi. Tingkat keaktifan siswa tersebut dapat dilihat berdasarkan lembar observasi yang dinilai oleh observer yaitu presentase jumlah siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran sebesar 85%. (3) Penerapan metode GQGA terhadap keaktifan siswa pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI IPA 1 MA Nuril Huda Tarub Tawangharjo dinyatakan efektif. Tingkat efektivitas tersebut dapat dilihat dari hasil uji independent t-test pada kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh uji independent t-test menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel ( 3,983 > 2,004) sehingga rata-rata keaktifan siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode GQGA terhadap siswa sangat efektif dalam menjadikan siswa lebih aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalil, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode GQGA, Keaktifan Siswa, dan Efektivitas
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:33
Last Modified: 09 Aug 2023 02:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item