Manajemen Zakat Dan Wakaf, Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Zakat (Studi Kasus Pembayaran Zakat Maal Secara Online di BAZNAS Kabupaten Grobogan)

Romadhani, Thalia Indri (2023) Manajemen Zakat Dan Wakaf, Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Zakat (Studi Kasus Pembayaran Zakat Maal Secara Online di BAZNAS Kabupaten Grobogan). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (793kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (864kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (596kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembayaran zakat maal secara online di BAZNAS Kabupaten Grobogan dan penelitian ini juga untuk mengetahui kendala dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembayaran zakat maal secara online. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara secara langsung dan dokumentasi. Penguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data ini meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi teknologi informasi dan komunikasi yang ada di BAZNAS Kabupaten Grobogan sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dengan adanya penerapan teknologi informasi dan komunikasi berupa Website dan aplikasi SIMBA di BAZNAS Kabupaten Grobogan dalam pengelolaan zakat dan pembayaran zakat maal secara online. BAZNAS Kabupaten Grobogan selain menerapkan pembayaran zakat maal secara online, juga menerapkan pembayaran zakat maal secara offline. Tujuan dari kedua metode tersebut untuk memudahkan muzakki dalam pembayaran zakat maal, dan juga amil dalam mengelola zakat. Penerapan pembayaran zakat maal secara online di BAZNAS Kabupaten Grobogan juga menimbulkan kendala seperti sulitnya menginput data muzakki secara lengkap dan lemahnya jaringan internet yang membuat error. Dari kendala tersebut BAZNAS Kabupaten Grobogan menawarkan solusi seperti BAZNAS Kabupaten Grobogan hanya menerapkan pembayaran zakat maal secara online melalui Website resmi BAZNAS yang kemudian melakukan pembayaran zakat maal melalui transfer rekening bank dengan melalui M-banking dan BAZNAS Kabupaten Grobogan bersama pemerintah daerah bekerja sama dengan Telkom Indonesia guna memperluas jaringan internet di daerah pelosok dan kota.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRidwan, MurtadhoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembayaran Zakat Maal Online.
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:10
Last Modified: 15 Aug 2023 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10847

Actions (login required)

View Item View Item