Analisis Pengelolaan Dana Kaleng INUK Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Lembaga Amil Zakat, Infak, Dan Sedekah (LAZISNU) Kabupaten Kudus

Fitriyani, Naelani (2023) Analisis Pengelolaan Dana Kaleng INUK Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Lembaga Amil Zakat, Infak, Dan Sedekah (LAZISNU) Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (827kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (855kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)

Abstract

Pengelolaan dana kaleng INUK di LAZISNU Kabupaten Kudus berpedoman pada metode POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) untuk meningkatkan efektivitas penyaluran dana kaleng INUK dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengelolaan dana kaleng INUK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada LAZISNU Kabupaten Kudus. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pengelolaan dana kaleng INUK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada LAZISNU Kabupaten Kudus. 3) Untuk mengetahui efektivitas penyaluran dana kaleng INUK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada LAZISNU Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah ketua LAZISNU Kudus, Staff LAZISNU Kudus, UPZISNU Ranting, dan mustahik. Uji keabsahan data menggunakan tiga triangulasi yaitu sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis terhadap pengelolaan dana kaleng INUK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di LAZISNU Kabupaten Kudus menggunakan teori manajemen Planning (Perencanaan) penempatan kaleng INUK di rumah-rumah warga oleh UPZISNU Ranting kemudian di distribusikan oleh PC LAZISNU Kabupaten Kudus berdasarkan prosentase yang telah disepakati. Organizing (Pengorganisasian) dilaksanakan berdasarkan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Actuating (Pengarahan) mekanisme pengelolaan kaleng INUK dengan penyebaran kaleng INUK, pengumpulan hasil kaleng INUK satu bulan sekali, pembagian hasil kaleng INUK, dan pendistribusian. Controlling (Pengawasan) LAZISNU Kabupaten Kudus melalui laporan hasil pengelolaan kaleng INUK dari UPZISNU Kecamatan dan UPZISNU Ranting sedangkan pelaksanaan pengawasan pasca pendistribusian belum dilaksanakan secara maksimal, hanya ketika ada mahasiswa magang. 2) Faktor pendukung pengelolaan dana kaleng INUK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di LAZISNU Kabupaten Kudus yaitu keberadaan NU sebagai ormas Islam yang mendominasi di Indonesia, kemampuan pengurus dalam menciptakan aplikasi atau web untuk memudahkan pengelolaan kaleng INUK, dan semangat pengurus dalam mengelola kaleng INUK. Sedangkan faktor penghambat dalam pengelolaan dana kaleng INUK yaitu Kondisi UPZIS (Unit Pengelola Zakat, Infak, Sedekah) yang tidak aktif di beberapa daerah, pemahaman manajemen pengurus UPZISNU dalam mengelola dana kaleng INUK, kurangnya tenaga pengurus UPZIS yang kompeten, dan terdapat beberapa pengurus yang tidak bisa fokus untuk mengelola dana kaleng INUK 3) Efektivitas penyaluran dana kaleng INUK dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di LAZISNU Kabupaten Kudus di distribusikan melalui program 4 pilar yaitu bidang ekonomi , sosial dan kebencanaan, kesehatan, dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, SolikhulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kaleng INUK, LAZISNU Kabupaten Kudus, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:41
Last Modified: 15 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10848

Actions (login required)

View Item View Item