Pengaruh Persepsi, Reputasi dan Sosial Terhadap Minat Masyarakat Non-Muslim Menjadi Nasabah Lembaga Keuangan Syariah di Blora

Astrini, Violanita Angga (2023) Pengaruh Persepsi, Reputasi dan Sosial Terhadap Minat Masyarakat Non-Muslim Menjadi Nasabah Lembaga Keuangan Syariah di Blora. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (138kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem ekonomi syariah yang signifikan dengan sifat keuangan masyarakat akan membuat pengguna jasanya tertarik. Lembaga keuangan syariah diharapkan dapat menjalankan pangsa pasar sebagai bentuk sistem ekonomi alternatif. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat minat masyarakat non-muslim menjadi nasabah lembaga keuangan syariah melalui aspek persepsi, reputasi dan sosial. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Masyarakat non-muslim di Blora sebagai obyek dengan metode simple random sampling sebagai pengambilan sampel. Rumus Slovin menghasilkan 100 responden dari 14.084 jumlah masyarakat non-muslim di Blora. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Perhitungan dari uji t, menghasilkan variabel persepsi (X1), reputasi (X2) dan sosial (X3) berpengaruh positif terhadap minat non-muslim menjadi nasabah lembaga keuangan syariah (Y). Penelitian ini menjadi gambaran kepada lembaga keuangan syariah diharapkan menggalakkan sosialisasi untuk meningkatkan pesepsi masyarakat mengenai pemahaman lembaga keuangan syariah, selain itu fokus pada produk yang sama atau produk lainnya untuk membangun reputasi lembaga keuangan syariah, dan memanfaatkan interaksi sosial masyarakat sebagai jembatan memasarkan produk agar lebih dkenal dan dipahami baik masyarakat muslim maupun non-muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuttaqin, IbnuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: persepsi, reputasi, sosial, minat, lembaga keuangan syariah, non-muslim
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:27
Last Modified: 24 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item