Implikasi Pembiasaan Wudu Dalam Mengontrol Emosi Marah Menurut Prespektif Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Grobogan

Rohmah, Miftakhur (2023) Implikasi Pembiasaan Wudu Dalam Mengontrol Emosi Marah Menurut Prespektif Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (966kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (722kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (549kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Dalam menjalani kehidupan di dunia, manusia seringkali mengalami permasalahan yang dapat mengakibatkan emosi marah. Emosi marah yang dialami manusia jika tidak dihadapi dengan baik maka akan menyebabkan permasalahan yang serius misalya agresivitas dan kekerasan. Oleh karena itu, di dalam Islam marah perlu dikendalikan karena mempunyai dampak negatif yang dirasakan. Dalam prespektif Islam, upaya yang dapat dilakukan untuk mengontrol marah salah satunya dengan cara meningkatkan aspek spiritual. Adapun dalam penelitian ini, upaya untuk meningkatkan aspek spiritual seseorang agar emosi marahnya terjaga yaitu dengan melakukan pembiasaan wudu. pembiasaan wudu merupakan melakukan wudu secara terus menerus dengan tujuan agar tetap diberi ketenangan, kedamaiandan dan ketentraman. Berdasarkan uraian di atas, penulis akan meneliti tentang implikasi pembiasan wudu dalam mengontrol emosi marah pada santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Grobogan. Penulis memilih lokasi ini karena sesuai dengan hasil observasi dan wawancara dengan Kyai Gufron Mulyadi pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo bahwa pembiasaan wudu memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, psikis dan spiritual. Adapun dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan(Field Research). Sementara itu, teknik pengumpulan data menggunakan diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini pengasuh, satu pengurus dan tujuh santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Grobogan. Dalam proses analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, vertifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembiasaan wudu pada santri di Pondok Darul Falah Ki Ageng Mbodo sama dengan melakukan wudu biasa yaitu membaca basmallah, membasuh wajah, membasuh tangan, mengusap kepala, mengusap telinga, membasuh kaki dan tartib. Sementara itu, implikasi pembiasaan wudu dalam mengontrol emosi marah pada santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo Grobogan. pembiasaan wudu memiliki dampak yang positif bagi santri yang dapat meningkatkan ketaqwaan pada aspek spiritual santri. Sementara itu santri yang melakukan pembiasaan wudu maka kesehatanya akan terjaga baik kesehatan fisik dan psikisnya, hatinya akan lebih tenang, damai dan tenteram. Dan dapat mengontrol emosi marah. Hal ini sesuai dengan indikator pembiasaan wudu yang dirasakan oleh santri yaitu: pertama, meningkatkan ketaqwaan. Kedua, lebih dekat kepada Allah. Ketiga, dapat mengontrol emosi. Keempat, hatinya akan lebih tenang. Kelima, kesehatanya akan terjaga baik kesehatan fisik maupun psikis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaslahat, Meta MalihatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Emosi Marah, Pembiasaan Wudu, Pondok Pesantren Darul Falah Ki Ageng Mbodo dan Santri.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:38
Last Modified: 31 Aug 2023 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10941

Actions (login required)

View Item View Item