Implikasi Puasa Sunah Terhadap Akhlak Sabar Menurut Pengalaman Santri Di Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus

Suryanti, Suryanti (2023) Implikasi Puasa Sunah Terhadap Akhlak Sabar Menurut Pengalaman Santri Di Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (908kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (763kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (825kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (590kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (657kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (478kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)

Abstract

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang bertujuan untuk melatih para santrinya memiliki karakter unggul seperti tanggung jawab, kemandirian, kedisiplinan dan akhlak sabar. Semua karakter unggul tersebut harus dilatih dengan melakukan berbagai upaya salah satunya melalui puasa. Puasa bermanfaat melatih para santri untuk mengontrol emosi negatif dan meningkatkan pembentukan akhlak yang positif salah satunya yaitu akhlak sabar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana pelaksanaan puasa sunah dan dampaknya terhadap akhlak sabar. Penulis memilih pondok pesantren El Fath El Islami untuk penelitian sebagai tempat untuk penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Research) dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek pada penelitian ini merupakan pengasuh, satu pengurus dan tujuh santri di Pondok Pesantren El Fath El Islami. Pada proses analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan puasa di pondok tersebut yaitu puasa Dalail Khairat, puasa Dalail al-Quran, puasa Senin Kamis, puasa bulan Rajab, puasa Ayyamul Bidh, puasa Tibil Qulub. Dalam proses pelaksanaannya para santri mengerjakan puasa tersebut dilatar belakangi oleh faktor sukarela (kemauan sendiri). Adapun dampak dari pelaksanaan puasa yaitu santri memiliki akhlak sabar. Indikator akhlak sabar yang dirasakan oleh para santri yaitu: pertama mampu mengendalikan emosi, kedua tidak mudah putus asa, ketiga meningkatkan spiritual, keempat mampu menahan hawa nafsu, kelima mampu memperkuat daya ingat. Keenam dapat membersihkan hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaslahat, Meta MalihatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akhlak Sabar , Puasa Sunah, Pondok Pesantren El Fath El Islami Ngembalrejo Bae Kudus, Santri.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:06
Last Modified: 31 Aug 2023 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item View Item