Model Komunikasi Dakwah Ustadz Adi Hidayat Dalam Channel Youtube Adi Hidayat Official (Ciri Orang Yang Taubatnya Diterima Allah)

Ifa, Aslichatul (2023) Model Komunikasi Dakwah Ustadz Adi Hidayat Dalam Channel Youtube Adi Hidayat Official (Ciri Orang Yang Taubatnya Diterima Allah). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (609kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: pertama, bagaimana model komunikasi dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam channel youtube Adi Hidayat Official. Kedua, bagaimana pesan dakwah dari vidio dakwah Ustadz Adi Hidayat pada tema (ciri orang yang taubatnya diterima Allah). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan kajian pustaka yang kegiatan penelitian ini bersumber dari berbagai literature dan didukung oleh literature lain yang berupa buku, artikel, jurnal dan lain sebagainya, guna untuk menganalisis data-data yang didapatkan. Subyek dalam penelitian ini yaitu model komunikasi dakwah Ustadz Adi Hidayat yang dikemas dalam salah satu konten dalam channel youtube Adi Hidayat Official. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data ini yaitu: pertama, triagulasi, kedua menggunakan bahan referensi. Pada tahap analisis data yaitu pertama, pengumpulan data, kedua roduksi data, ktiga penyajian data, dan yang terakhir verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: yang pertama, Model komunikasi yang sudah digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat untuk menyampaikan dakwahnya telah menggunakan model komunikasi Linear, dalam komunikasi linear terdapat 5 unsur yaitu: 1) Sumber, sumber dalam vidio tersebut adalah Ustadz Adi Hidayat. 2) Pesan, pesan tersebut membahas tentang ciri orang yang taubatnya diterima Allah. Dalam ceramah tersebut menjelaskan bahwa Allah akan memberikan Rahmad kepada hambanya yang sudan dan benar-benar melakukan taubat, dan tidak akan mengulangi lagi, jika orang tersebut sudah mendapat Rahmad dari Allah, maka Allah akan segera mengampuni seluruh dosanya tanpa terkecuali. 3) Media, media yang digunakan oleh Ustadz Adi Hidayat yaitu media youtube. 4) Penerima pesan, dari kalangan semua masyarakat atau umat muslim, anak muda dan pernah berdawah di Televisi. 5) Efek pesan, efek pesan tersebut memberikan efek positif dan dalam efek pesan ada seseorang yang sadar setelah mendengarkan ceramah tersebut langsung melakukan ibadah umroh dan ada juga yang setelah mendengarkan ceramahnya terus langsung melakukan perbuatan yang lebih baik lagi, dan masih banyak lagi. Kedua, Pesan dakwah dalam vidio dakwah Ustadz Adi Hidayat dalam Channel Youtubenya yang sudah disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat juga mengandung tiga unsur yaitu: 1) Aqidah adalah keyakinan. 2) Syari’ah adalah aturan-aturan hukum Islam. 3) Akhlak adalah perbuatan atau perilaku seseorang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Vevy RusmarinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAFTAR PUSTAKA Afif, Muhammad Nur, Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung: CV Salam Insan Mulia, 2021. Aksara, Lintang Rasi, Sistem Monetor Islam, Yogyakarta: Perpustakaan Nasional, 2016. Al-Fatah Muhammad Abu, Pengantar Studi Ilmu Dakwah, Jakarta: Pustaka Al-Kausar, 2016. Ali Aziz, Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2017. Al-Qaradhawi, Syaikh Yusuf, Pendidikan Islam Bidang Akhlak KH Ahmad Dahlan, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2022. Amirudin, “Konsep Dasar Dakwah”, Al-Munzir. 9, No. 1, (2016), diakses pada 28 November, 2019, http://ejournal.iainkendari.ac.id. AS Enjang dan Aliyudin, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah Pendekatan Filosofi dan Praktis, Bandung: Widya Pajajaran, 2009. Aziz Muh Ali, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana, 2004. Azwar Saifuddin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998. Cangara Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005. Habibi Muhammad, “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Di Era Milenial”, Al-Hikmah: Jurnal Dakwah. 12, No. 1, (2018): 104, diakses pada 29 November 2019, http//jurnaliainpontianak.or.id Hamzah Amir, Metode Penelitian Kualitatif, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2019. Harapan Nursapian, “Penelitian Kepustakaan”, Jurnal Iqra8, no.1 (2014): diakses pada 07 Maret 2020. https:// media.neliti.com. Haryanto, Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen), Yogyakarta: UNY Press, 2020. Hollil A, Ilmu Komunikasi, Perpuatakaan Nasional RI ,2021. Ilaihi Wahyu, Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013. Konten, 09 April 2020, https://id.m.wikipedia.org/wiki/konten Miskawaih Ibn, Tahdzib Al-Akhlak wa Tathir Al-Araq, Mesir: Al�Mathabaah Al-Mirshriyah, 1934. Mubasyaroh, Metodologi Dakwah . Kudus: Stain Kudus, 2009. Mulyani Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT Remaja Rosdakarya, 2010. Muriah Siti, Metode Dakwah Kontemporer. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000. Nistanto Reska.K dan Reza wahyudi, “Indonesia Penonton Youtube Terbesar Se-Asia Pasifik”. (Jakarta: Kompas.com) diakses pada tanggal 9 Oktober 2017 Nuruddin, Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Pengguna Youtube Indonesia Terbesar Ketiga di Dunia Pada 2022. Diakses pada 10 Mei 2022. https://dataindonesia.id R Suci dan Koesomowidjojo, Dasar-Dasar Komunikasi, Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2021. Ramdhan Muhammad, Metode Penelitian Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2021. Rohman, Dudung Abdul, “Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial. Tatar pasundan: Jurnal Balai Diklat Keagamaan Bandung”, Vol XIII No. 2 (2019): diakses pada 1 januari 2022. https://bdkbandung.kemenag.gp.id/ Saputra Wahidin, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: PT Raja grafindo Persada, 2012. Sianipar Aritas Puica, “Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa (study Penggunaan Youtube di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikai FISIP USU Medan Dengan Pendekatan Uses and Hratification”. Diakses pada 18 November 2019, https://jurnal.usu.ac.id. Sugiyono, Metodologi Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Berfikir Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Konstruktif, Bandung: Alfabeta, 2017. Sujana, I wayan, Upacara Nyiramang Layon Di Merajan Pada Pesek Gede Jong Karem Desa Adat Kapal Kecamatan Mengwi Kabupaten Bandung, Bandung: Nilacakra, 2019. Sulton Ahmad, Pengantar Studi Al-Quran: Teori dan Pendekatan, Semarang: Qahar Publisher, 2020. Suparta Munzier dan Hefni Harjani, Metode Dakwah, Jakarta: Kencana Cetakan, 2009. Suryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Cv Pustaka Setia, 2017. Syahrur Muhammad, Islam dan Iman: Aturan-Aturan Pokok Yogyakarta: Jendela, 2002. Syam, M Taufiq, Pengantar Studi Media Dakwah Digital, Makkasar: Liyan Pustaka Ide, 2022. Symsul Asep dan M. Romli, Komunikasi Dakwah Pendekatan Praktis, Bandung: Simbiosa Rekatama Media 2013. Toto dan Tasmara, Komunikasi Dakwah. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997. Wahyuni Sri, Film dan Dakwah: Memahami Representasi Pesan�Pesan Dakwah, Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019. Wiseman Gordon dan Barker Larry, speech-Interpersonal Communication, san Francisco: Chandler, 1967. Dikutip oleh Deddy Mulyani, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015. Yusuf Abidin, Komunikasi Pemerintahan, Cv Pustaka Setia, 2016.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:03
Last Modified: 01 Sep 2023 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item View Item