The Use of Islamic Songs to Improve Students’ English Vocabulary (A Study at An Islamic Junior High School in Probolinggo)

Fauzah, Siti (2023) The Use of Islamic Songs to Improve Students’ English Vocabulary (A Study at An Islamic Junior High School in Probolinggo). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRACT.pdf

Download (350kB)
[img] Text
03. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (369kB)
[img] Text
04. CHAPTER I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
05. CHAPTER II.pdf

Download (584kB)
[img] Text
06. CHAPTER III.pdf

Download (287kB)
[img] Text
07. CHAPTER IV.pdf

Download (563kB)
[img] Text
08. CHAPTER V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
09. BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (449kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penggunaan media lagu Islami dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa sebuah SMP Islam di Probolinggo, peran penggunaan media lagu islami dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris bagi siswa, serta faktor pendorong dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan objek penelitian adalah siswa dan guru serta beberapa staf sebuah SMP Islam di Probolinggo. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data tersebut kemudian disajikan secara deskriptif setelah melalui proses reduksi data dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audio lagu Islami untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa di sebuah SMP Islam di Probolinggo yang diajarkan kepada siswa kelas 7, 8, dan 9 berjalan lancar dengan persiapan yang dilakukan oleh guru menggunakan RPP yang disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di lembaga. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media audio lagu islami untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa berperan besar dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa melalui pengayaan kosakata, serta menjadikan proses pembelajaran lebih efektif dan efisien, serta menyenangkan. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran menggunakan media lagu Islami untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa; 1) tingginya semangat dan keinginan siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris dengan menggunakan media audio lagu, 2) semangat dan kemampuan pembimbing atau pembimbing dalam hal ini guru dalam mengajar menggunakan media audio lagu Islami, 3) tersedianya ruang lab bahasa dan akses media internet sebagai sarana untuk memperoleh materi pelajaran dalam hal ini lagu Islami, 4) lingkungan sekolah dimana siswa dituntut untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari. Faktor Hambatannya adalah; 1) tidak ada buku pegangan khusus untuk materi kosakata bahasa Inggris dengan ketentuan lagu khusus, 2) keterbatasan lagu islami yang memiliki lirik lagu, pengucapan, dan aksen yang masuk dalam kategori mudah sesuai dengan kemampuan siswa, 3) beberapa siswa tidak fokus dalam belajar, karena tidak semua siswa memiliki ketertarikan terhadap media lagu, dan tidak semua siswa menyukai bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSetyaningrum, AnisahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media audio, lagu Islami, kosakata
Subjects: Bahasa > Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:16
Last Modified: 20 Oct 2023 07:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11037

Actions (login required)

View Item View Item