Lutfiyah, Ilma (2023) Strategi Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Membantu Mencapai Kematangan Karir Siswa di SMK Khozinatul Ulum Todanan Blora. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (902kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (405kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (474kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (746kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (403kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (713kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (279kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (436kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengalaman guru bimbingan konseling dalam memberikan materi maupun metode penerapan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk membantu mencapai kematangan karir siswa di SMK Khozinatul Ulum Todanan Blora serta untuk mengetahui makna apa yang dapat diambil dari pengalaman tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dari penelitian ini adalah; 1) Kepala Sekolah; 2) Guru Bimbingan Konseling; 3) Siswa; 4) Alumni; 5) Orangtua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan tahapan describing experience, tahapan describing meaning, serta tahapan focus of the analysis atau fokus pada analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman guru bimbingan konseling dalam memberikan materi maupun metode penerapan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk membantu mencapai kematangan karir siswa di SMK Khozinatul Ulum adalah dengan; 1) Pengalaman memberikan materi mind mapping dengan topik this is me, my opportunities dan this is my choice; 2) Pengalaman memberikan materi motivasi kaitannya dengan karir, sedangkan makna yang dapat diambil adalah adanya pengaruh motivasi dalam melakukan eksplorasi karir siswa. Mengenai pengalaman memberikan metode adalah dengan; 1) Pengalaman menjalin kerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri); 2) Pengalaman memberikan layanan bimbingan baik individu maupun kelompok; 3) Pengalaman memberikan layanan konseling baik individu maupun kelompok, sedangkan makna yang dapat diambil adalah siswa jadi mantap dalam perencanaan karirnya serta pemilihan maupun pengambilan keputusan karir siswa menjadi matang.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Konseling Behavioral, Self-Management, Kematangan Karir | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2023 04:15 | |||||||||
Last Modified: | 21 Oct 2023 04:15 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11108 |
Actions (login required)
View Item |