Strategi Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Membantu Mencapai Kematangan Karir Siswa di SMK Khozinatul Ulum Todanan Blora

Lutfiyah, Ilma (2023) Strategi Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Membantu Mencapai Kematangan Karir Siswa di SMK Khozinatul Ulum Todanan Blora. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (902kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (297kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (713kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (436kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengalaman guru bimbingan konseling dalam memberikan materi maupun metode penerapan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk membantu mencapai kematangan karir siswa di SMK Khozinatul Ulum Todanan Blora serta untuk mengetahui makna apa yang dapat diambil dari pengalaman tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dari penelitian ini adalah; 1) Kepala Sekolah; 2) Guru Bimbingan Konseling; 3) Siswa; 4) Alumni; 5) Orangtua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan tahapan describing experience, tahapan describing meaning, serta tahapan focus of the analysis atau fokus pada analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman guru bimbingan konseling dalam memberikan materi maupun metode penerapan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk membantu mencapai kematangan karir siswa di SMK Khozinatul Ulum adalah dengan; 1) Pengalaman memberikan materi mind mapping dengan topik this is me, my opportunities dan this is my choice; 2) Pengalaman memberikan materi motivasi kaitannya dengan karir, sedangkan makna yang dapat diambil adalah adanya pengaruh motivasi dalam melakukan eksplorasi karir siswa. Mengenai pengalaman memberikan metode adalah dengan; 1) Pengalaman menjalin kerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri); 2) Pengalaman memberikan layanan bimbingan baik individu maupun kelompok; 3) Pengalaman memberikan layanan konseling baik individu maupun kelompok, sedangkan makna yang dapat diambil adalah siswa jadi mantap dalam perencanaan karirnya serta pemilihan maupun pengambilan keputusan karir siswa menjadi matang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaliyo, SaliyoUNSPECIFIED
Thesis advisorMutholib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioral, Self-Management, Kematangan Karir
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:15
Last Modified: 21 Oct 2023 04:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item