Pengaruh Pengetahuan Masyarakat, Lokasi, dan Reputasi Bank Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Pohgading Kecamatan Gembong Kabupaten Pati)

Andriani, Lilik (2023) Pengaruh Pengetahuan Masyarakat, Lokasi, dan Reputasi Bank Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Pohgading Kecamatan Gembong Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (900kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Perbankan syariah memiliki potensi yang besar untuk berkembang di Indonesia dikarenakan mayoritas penduduknya adalah masyarakat muslim, termasuk di Pulau Jawa. Provinsi Jawa rata-rata memiliki presentase sebesar 90 persen, diantaranya adalah di Jawa tengah yang mencapai 97,30%. Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah yang potensial terhadap pertumbuhan perbankan syariah dikarenakan Provinsi Jawa Tengah masuk ke dalam lima besar Provinsi dengan jumlah pondok pesantren terbesar di Indonesia, salah satunya adalah di Kota pati yang tercatat memiliki 216 pondok pesantren di tahun 2021. Namun pada kenyataannya Bank Syariah ataupun KCP Syariah masih minim, terutama di daerah pedesaan seperti di Kecamatan Gembong. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu desa yang ada di Kecamatan Gembong, yaitu Desa Pohgading, yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari tingkat pengetahuan masyarakat, lokasi, dan reputasi bank terhadap minat menabung masyarakat di Bank Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrumen dalam pengumpulan data dengan responden sebanyak 97 responden. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan pengujian menggunakan SPPS. Pengujian yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari pengujian menyatakan bahwa pengetahuan masyarakat, lokasi, dan reputasi bank berpengaruh positif terhadap minat menabung masyarakat di Bank Syariah. Artinya, jika pengetahuan masyarakat mengenai Bank syariah meningkat, maka minat menabung masyarakat juga meningkat. Selain itu diketahui bahwa pengetahuan masyarakat, lokasi, dan reputasi bank berpengaruh secara individual dan signifikan minat menabung masyarakat di Bank Syariah. Ketiga faktor tersebut secara bersama-sama mempunyai pengaruh sebesar 54,4% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHasanuddin, Ahmad HamdaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Pengetahuan, Lokasi, Reputasi, Minat Menabung
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:51
Last Modified: 21 Oct 2023 04:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11136

Actions (login required)

View Item View Item