Representasi “Official Menara Kudus” Channel YouTube Masjid Menara Kudus sebagai Media Publikasi Dakwah Kemasjidan

Zahro, Shavna Az (2023) Representasi “Official Menara Kudus” Channel YouTube Masjid Menara Kudus sebagai Media Publikasi Dakwah Kemasjidan. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (519kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan “Official Menara Kudus” Channel YouTube Masjid Menara Kudus sebagai media publikasi dakwah kemasjidan. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Menggunakan 3 teknik pengumpulan data, yakni Etnografi virtual, Wawancara dan Dokumenter. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus Yayasan Masjid Menara Makam Sunan Kudus (YM3SK) dan konten video unggahan pada Channel YouTube “Official Menara Kudus”. Adapun teknik analisis data yang digunakan ada 3 tahap. 1) Kodifikasi data, memilah gambar video pada “Official Menara Kudus” sesuai dengan batasan masalah. 2) Penyajian data, disajikan dengan menggunakan analisis isi (content analysis). 3) Penarikan kesimpulan, yaitu menarik suatu kesimpulan hasil dalam sajian data. Hasil penelitian ini di antaranya: 1) Kegiatan dakwah yang terdapat pada Masjid Menara Kudus terbagi menjadi tiga yakni kegiatan mingguan (rutinan), bulanan dan kegiatan tahunan (event-event). Kegiatan dakwah mingguan yang diselenggarakan oleh Masjid Menara Kudus ada dua yakni, pertama ialah pengajian kitab tafsir jalalain yaitu kitab tafsir Al-Qur’an, kemudian yang kedua ialah pengajian kitab Riyadlus Sholihin yakni kitab hadist. Untuk kegiatan bulanan masih tergolong dakwah baru yaitu pengajian Gus Baha’. Sedangkan untuk kegiatan tahunan di Masjid Menara Kudus ada lima yaitu, pertama adalah Pengajian Pitulasan atau Darusan Umum pada malam 03 smapai malam 27 Ramadhan, kedua yaitu Ta’sis atau perayaan berdirinya Masjid Al-Aqsha Menara Kudus yang puncak acaranya selalu dirayakan setiap 19 Rajab, Ketiga Buka Luwur Kanjeng Sunan Kudus, Keempat pengajian kita durrotun nasihin tiap bulan ramadhan jelang berbuka puasa, dan yang terakhir yaitu sholat tarawih berjamaah. 2) Representasi “Official Menara Kudus” Channel YouTube Masjid Menara Kudus sebagai media publikasi dakwah kemasjidan terlihat pada konsistensi unggahan konten video yang ada di “Official Menara Kudus”. Masjid Menara Kudus memanfaatkan YouTube sebagai media publikasi dakwah kemasjidan, terlihat pada konten unggahan di “Official Menara Kudus”. Penulis membatasi periode yang dikaji yaitu dimulai dari 1442 H sampai dengan 1444 H dengan jumlah sampel sebanyak 21 video, dimana dalam periode tersebut, konten unggahan “Official Menara Kudus” sesuai dengan kegiatan dakwah maupun kegiatan budaya dan tradisi yang ada di Masjid Menara Kudus yakni pengajian kitab tafsir jalalain, pengajian kitab Riyadlus Sholihin, Pengajian Pitulasan, Ta’sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, Buka Luwur, pengajian kitab durrotun nasihin dan sholat tarawih. 3) Hasil temuan pada penelitian ini yaitu kegiatan bulanan tidak diunggah pada “Official Menara Kudus”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMas'udi, Mas'udiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Representasi, Official Menara Kudus, Media Publikasi, Dakwah, YouTube
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:58
Last Modified: 21 Oct 2023 04:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item