Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik

Putri, Yoshi Ivana (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Inquiry Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (837kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMPN 1 Bae Kudus menyatakan bahwa kemampuan literasi matematika peserta didik tergolong rendah, sehingga dijadikan landasan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peningkatkan kemampuan literasi matematika dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning, 2) Mengetahui peningkatkan kemampuan literasi matematika dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Learning, 3) Mengetahui kemampuan literasi matematika lebih baik dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning daripada model pembelajaran Inquiry Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive dan diambil kelas eksperimen 1 dengan diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan diterapkan model pembelajaran Inquiry Learning. Hasil analisis penelitian ini diperoleh simpulan yaitu: 1) Pada uji paired sample t-test menunjukkan hasil yaitu t_paired=-21,350<t_tabel=-1,693 dan taraf signifikansinya 0,00<0,05. Artinya terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan literasi matematika peserta didik kelas eksperimen 1 setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dengan kenaikan tinggi sebesar 71%, 2) Pada uji paired sample t-test menunjukkan hasil yaitu t_paired=-14,059<t_tabel=-1,693 dan taraf signifikansinya 0,00<0,05. Artinya terdapat peningkatan yag signifikan kemampuan literasi matematika peserta didik kelas eksperimen 2 setelah diterapkannya model pembelajaran Inquiry Learning dengan kenaikan sedang sebesar 60%, 3) Berdasarkan nilai signifikansi pada uji Mann-Whitney U Test pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 diperoleh nilai z_hitung=|-1,97|>1,645 dan nilai signifikansi sebesar 0,048<0,05. Artinya kemampuan literasi matematika lebih baik dengan diterapkan model pembelajaran Discovery Learning daripada model pembelajaran Inquiry Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFakhriyana, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Discovery Learning, Inquiry Learning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 02:43
Last Modified: 22 Oct 2023 02:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11217

Actions (login required)

View Item View Item