Strategi Pengelolaan Anggaran Lembaga Pendidikan (Studi tentang Sistem Pengelolaan Dana BOS dan Dampaknya terhadap Kualitas Pendidikan di MI Misbahul Ulum Pasucen Trangkil Pati)

Hamdanah, Eny (2023) Strategi Pengelolaan Anggaran Lembaga Pendidikan (Studi tentang Sistem Pengelolaan Dana BOS dan Dampaknya terhadap Kualitas Pendidikan di MI Misbahul Ulum Pasucen Trangkil Pati). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (968kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (946kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (196kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Strategi pengelolaan anggaran menjadi hal yang krusial untuk menjamin keseimbangan dana yang masuk ke sebuah lembaga dan pengeluaran dana untuk kebutuhan sehari-hari, disamping itu strategi (politik) pengelolaan anggaran juga dibutuhkan untuk menjaga dampak kualitas pendidikan yang diharapkan. Termasuk hal yang harus dikelola dengan strategi pengelolaan anggaran yang baik adalah keberadaan dana BOS di suatu lembaga pendidikan. Dana BOS tersebut harus dikelola dengan penuh rasa amanah dan kejujuran serta terhindar dari segala bentuk penyimpangan, kebocoran, dan salah pengelolaan. Kecuali itu pengelolaan dana BOS juga harus tepat sasaran dan memiliki manfaat terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Fokus Penelitian ini untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian : Pertama, Bagaimana strategi pengelolaan dana BOS di MI Misbahul Ulum Pasucen Trangkil Pati?. Kedua, Apakah sistem pengelolaan dana BOS di MI Misbahul Ulum Pasucen Trangkil Pati tersebut sudah sesuai dengan pedoman pengelolaaan dana BOS dan apa bukti-buktinya bahwa pengelolaan tersebut sudah sesuai atau tidak ?. Ketiga, Apakah Sistem Pengelolaan dana BOS di MI Misbahul Ulum Pasucen Trangkil Pati tersebut memiliki dampak terhadap peningkatan kualitas pendidikan?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach)dengan pendekatan kualitatif studi kasus di MI Misabahul Ulum Pasucen Trangkil Pati. Pendekatan kualitatif ini dipakai untuk mengkaji strategi pengelolaan dana BOS dan dampaknya terhadap kualitas pendidikan. Sedangkan metode analisis dalam penelitian ini memakai metode analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Strategi pengelolaan dana BOS di MI Misbahul Ulum telah menerapkan prinsip fleksibilitas, efektifitas, efisiensi,transparansi dan akuntabilitas. Dan strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam pengelolaan dana BOS di MI Misbahul Ulum menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melakukan perannya sebagai entrepreneurship yang selalu berinovasi, kreatif serta berani mengambil risiko. Kedua, Sistem pengelolaan dana BOS di MI Misbahul Ulum Pasucen Trangkil Pati sudah sesuai dengan Petunjuk Teknis BOS. Hal ini ditandai bahwa prosedur penggunaan dana BOS, pengalokasian dana BOS sesuai dengan komponen yang ada dalam juknis BOS serta larangan-larangan yang ada dalam juknis BOS tidak dilanggar oleh pengelola dana BOS di MI Misbahul Ulum. Ketiga, Sistem pengelolaan dana BOS memiliki dampak terhadap peningkatan kualitas pendidikan di MI Misbahul Ulum. Karena dana BOS dipakai untuk membiayai peningkatan kualitas guru, kegiatan pembelajaran, ekstrakurikuler, peningkatan sarana prasarana sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChoir, AbuUNSPECIFIED
Thesis advisorNuruddin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengelolaan, Dana BOS, Kualitas Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 02:58
Last Modified: 22 Oct 2023 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11221

Actions (login required)

View Item View Item