Sari, Sulistiana (2023) Pengaruh Model Mnemonic Disertai Media Audio Visual Terhadap Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA SMA N 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (944kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (447kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (676kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (617kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (463kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (270kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Tujuan adanya penelitian ini antara lain untuk: 1) mengetahui penerapan model mnemonic disertai media audio visual siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Kudus. 2) mengetahui pemahaman konseptual siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA SMA N 2 Kudus. 3) mengetahui pengaruh penerapan model mnemonic terhadap pemahaman konseptual siswa pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA SMA N 2 Kudus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen desain pretest-posttest control group. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh kelas XI MIPA 2 (eksperimen) dan XI MIPA 3 (kontrol) sebanyak 69 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji Man Withney. Adapun hasil analisis : 1) penerapan model mnemonic disertai media audio visual, pada pertemuan pertama kegiatan guru sebesar 90,38% dan kegiatan siswa sebesar 88,46% berkategori sangat baik. Pertemuan kedua kegiatan guru sebesar 96,15% dan kegiatan siswa sebesar 84,61% berkategori sangat baik. Pertemuan ketiga kegiatan guru sebesar 73,07% dan kegiatan siswa sebesar 65,38% berkategori baik. 2) pemahaman konseptual siswa pada materi sistem ekskresi, kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 40,89 berkategori cukup. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 26,96 berkategori rendah. 3) penerapan model mnemonic disertai media audio visual terhadap berpengaruh pemahaman konseptual siswa pada materi sistem ekskresi kelas eksperimen yakni bernilai signifikansi 0,003 < 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Mnemonic, Media Audio Visual, Pemahaman Konseptual | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 04:02 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 04:02 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11235 |
Actions (login required)
View Item |