Implementasi Pengembangan Model Manajemen Madrasah Unggul Berbasis Kurikulum Pesantren Di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Qudsiyyah Kudus

Nugroho, M. Agustian Andi (2023) Implementasi Pengembangan Model Manajemen Madrasah Unggul Berbasis Kurikulum Pesantren Di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Qudsiyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (885kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (519kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (674kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk 1) menemukan dan mendeskripsikan secara mendalam implementasi pengembangan manajemen madrasah unggul berbasis kurikulum pesantren di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Qudsiyyah Kudus; dan 2) untuk menemukan dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung serta penghambat dalam proses implementasi pengembangan manajemen madrasah unggul berbasis kurikulum pesantren di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Qudsiyyah Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari kegiatan wawancara dengan informan yang meliputi kepala sekolah, Waka Kurikulum, Waka Humas, Waka Sarpras, guru dan siswa, observasi dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi pengembangan Manajemen Madrasah Unggul Berbasis Kurikulum Pesantren Di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Qudsiyyah Kudus terdapat beberapa proses yaitu: a) Perencanaan Manajemen berupa Merencanakan Tujuan Madrasah, Menetapkan Tujuan Madrasah, Menetapkan Materi Pembelajaran, Model Evaluasi Pembelajaran, Pembentukan Tim Kerja Solid dan Teknik Perekrutan Guru, b) Pelaksanaan Manajemen berupa Model Integrasi Kurikulum Pesantren ke dalam Kurikulum Nasional dan Konsistensi Pengajaran Mata Pelajaran Agama Islam Berbasis Salaf, c) Evaluasi manajemen dilaksanakan dengan model evaluasi bulanan dan evaluasi progam kerja tahunan dengan tahapan; menganalisis progam yang sudah ada, pemantauan dan pengawasan dan membuat laporan tertulis. 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Manajemen Pengembangan Madrasah Unggul Berbasis Kurikulum Pesantren di MI Qudsiyyah Kudus antara lain a) faktor-faktor pendukung yaitu; Kebijakan Penyusunan Kurikulum, Keadaan Guru, dan Ketersediaan Sarana dan Prasarana, dan b) faktorfaktor penghambat yaitu; Perubahan Kurikulum dan Keadaan Siswa. Oleh Sebab itu, bagi pengelola pendidikan di madrasah untuk mengembangkan mengejar ketertinggalannya pada mutu penyelenggaraan dan mutu lulusan agar kualitasnya sama dengan sekolah umum. Manajemen madrasah unggul berbasis kurikulum pesantren yang diterapkan di MI Qudsiyyah Kudus secara konseptual merupakan manifestasi dari divinity based education. Secara teknis model pengelolaan ini merupakan perpaduan kurikulum pendidikan umum dengan pendidikan pesantren sebagai solusi kesenjangan kualitas madrasah dan dapat mewujudkan visi misi utama pendidikan madrasah yaitu Tafaqquh Fiddin dan Rahmatan Lil Alamin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Siti MalaihaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Madrasah Unggul, Kurikulum Pesantren
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:05
Last Modified: 22 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11247

Actions (login required)

View Item View Item