Penerapan Metode Pembelajaran “Cooperative Tipe Jigsaw” Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 03 Sidigede Kecamatan WelahanKabupaten Jepara

Fatatussa’diyah, Fatatussa’diyah (2023) Penerapan Metode Pembelajaran “Cooperative Tipe Jigsaw” Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 03 Sidigede Kecamatan WelahanKabupaten Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (588kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (516kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (389kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Peneliti fokus melakukan penelitian dalam meningkatkan keaktifan belajar menggunakan metode pembelajaran Cooperative Tipe Jigsawpada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan untuk 1) mengetahui proses kegiatan pembelajaran dengan metode pembelajaran cooperative tipe jigsawuntuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia. 2) Mengetahui penerapan metode cooperative tipe jigsawdalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatifdengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumen, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Selanjutnya peneliti menggunakan analisis data berupa reduksi data, penyajian data (data disply), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperative tipe jigsawpada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 03 SidigedeWelahan Jepara melalui tahapan-tahapan yaitu perencanaanguru untuk menyiapkan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) dan pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran dengan penjelasan materi yang disampaikan meliputi kegiatan pendahuluan,inti, penutup, evaluasi, dan penilaian.Tahap ini bahwa terdapat siswa yang pasif dan kurang aktif dalam pembelajaran karena hanya dengan menyampaikan materi dengan monoton belum sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Dalam penerapan metode pembelajaran cooperative tipe jigsaw guru memberikan penguasaan materi kepada siswa yaitu berupa evaluasi soal yang ada di buku tematik secara berkelompok. Terlihat dalam penerapan metode cooperative tipe jigsaw di SD Negeri 03 Sidigede bahwa siswa rajin mengumpulkan tugas, mampu memecahkan masalah untuk mencari solusi yang tepat, ada inisiatif bertanya kepada teman apabila mengalami kesulitan, mencari berbagai informasi untuk menyelesaikan problematika, siswa mampu melakukan diskusi secara berkelompok, siswa mampu menilai kemampuannya dari hasil belajar, melatih diri sendiri dengan berbagai soal yang di coba, siswa mendapatkan waktu dalam menyelesaikan tugas atau persoalan. Hal ini karena semua siswa terlibat langsung dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKinesti, Rakanita Dyah AyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, Keaktifan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:16
Last Modified: 22 Oct 2023 04:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item