Arofah, Febrina Nabila (2023) Efektivitas Media Gambar Diam pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTs Islamic Centre Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (242kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (379kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (490kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (420kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (363kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (311kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui persiapan guru dalam mengefektifkan media belajar gambar diam pada pembelajaran IPS, 2) Mendeskripsikan respon siswa dalam belajar menggunakan media gambar diam, 3) Mendeskripsikan faktor penghambat guru dan siswa dengan menggunakan media gambar diam dalam pembeljaran IPS. Jenis penelitian yang diterapkan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan atau field research, dengan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Instrument pada penelitian ini yaitu wawancara peserta didik kelas VIII, wawancara guru IPS dan wawancara kepala sekolah. Subyek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII dengan jumlah 6 peserta didik. Hasil penelitian ini, dapat membuktikan bahwa : 1) Media gambar diam sangat efektif dalam pembelajaran IPS dibuktikan dengan respon peserta didik yang sangat baik saat belajar menggunakan media gambar diam, 2) Peserta didik merasa senang ketika belajar IPS dengan media gambar diam dan peserta didik juga merasa lebih mudah dalam belajar, 3) Faktor penghambat yang dialami guru dalam mengajar menggunakan media gambar diam, karena beberapa peserta didik kurang paham dan guru harus mengulang-ulang materi tersebut. Sementara faktor penghambat yang dialami oleh beberapa peserta didik adalah faktor dari diri sendiri, misalnya kurangnya kapasitas atau kemampuan mereka dalam berfikir, sehingga mereka kurang bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Media Pembelajaran, Gambar Diam, Pembelajaran IPS | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 04:22 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 04:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11265 |
Actions (login required)
View Item |