Efektivitas Media Gambar Diam pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTs Islamic Centre Bae Kudus

Arofah, Febrina Nabila (2023) Efektivitas Media Gambar Diam pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTs Islamic Centre Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (490kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (363kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui persiapan guru dalam mengefektifkan media belajar gambar diam pada pembelajaran IPS, 2) Mendeskripsikan respon siswa dalam belajar menggunakan media gambar diam, 3) Mendeskripsikan faktor penghambat guru dan siswa dengan menggunakan media gambar diam dalam pembeljaran IPS. Jenis penelitian yang diterapkan oleh peneliti yaitu penelitian lapangan atau field research, dengan metode penelitian kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Instrument pada penelitian ini yaitu wawancara peserta didik kelas VIII, wawancara guru IPS dan wawancara kepala sekolah. Subyek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII dengan jumlah 6 peserta didik. Hasil penelitian ini, dapat membuktikan bahwa : 1) Media gambar diam sangat efektif dalam pembelajaran IPS dibuktikan dengan respon peserta didik yang sangat baik saat belajar menggunakan media gambar diam, 2) Peserta didik merasa senang ketika belajar IPS dengan media gambar diam dan peserta didik juga merasa lebih mudah dalam belajar, 3) Faktor penghambat yang dialami guru dalam mengajar menggunakan media gambar diam, karena beberapa peserta didik kurang paham dan guru harus mengulang-ulang materi tersebut. Sementara faktor penghambat yang dialami oleh beberapa peserta didik adalah faktor dari diri sendiri, misalnya kurangnya kapasitas atau kemampuan mereka dalam berfikir, sehingga mereka kurang bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media Pembelajaran, Gambar Diam, Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:22
Last Modified: 22 Oct 2023 04:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item