Peran Media Center Masjid Raya Al-Falah Sagen Dalam Mengoptimalkan Dakwah Islam Melalui Media Sosial

Manaf, Abdul (2023) Peran Media Center Masjid Raya Al-Falah Sagen Dalam Mengoptimalkan Dakwah Islam Melalui Media Sosial. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2_Abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (256kB)
[img] Text
4_Bab 1.pdf

Download (401kB)
[img] Text
5_BAB II.pdf

Download (531kB)
[img] Text
6_BAB III.pdf

Download (251kB)
[img] Text
7_BAB IV.pdf

Download (723kB)
[img] Text
8_BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
9_Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk peran media center dalam mengoptimalkan aktifitas dakwah di masjid Raya Al-Falah Sragen;, 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan aktifitas dakwah melalui medaia center di masjid Raya Al-Falah Sragen;, 3) Untuk mengetahui hasil peran pemanfaatatan media sosial dalam aktifitas dakwah di masjid Raya Al-Falah Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data-data yang diperoleh mengenai pengimplementasian media center dalam mengopimalkan dakwah di masjid Raya Al-Falah Sragen dengan menggunakan teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pengmabilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Adapun subjek dalam penilitian ini meliputi HRD, takmir, ketua media center dan jemaah. Hasil penelitian ini memperoleh beberapa penemuan yaitu 1) Masjid raya Al-Falah Sragen menjalankan aktivitas dakwahnya memanfaatkan berbagai media sosial, yaitu instagram (masjidrayaalfalah_), facebook (masjid raya al falah), youtube (Masjid Raya Al Falah), website (masjidrayaalfalah.or.id). Adapun untuk mengoptimalkan berbagai media tesebut masjid raya Al-Falah Sragen mengimplementasikan fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan;, 2) Faktor pendukung dalam melaksanakan aktivitas dakwah yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, SDM berkompetensi dan adanya dukungan dari takmir. Sementara itu, untuk faktor penghambat yaitu adanya perbedaan ide antara pengurus muda dan tua. Namun hal ini dianggap sebagai tantangan dalam menyelesaikan perbedaan;, 3) Pemanfaatan media sosial dinilai sangat efektif dalam aktivitas dakwah. Dengan adanya berbagai platform pada media sosial membuat dakwah dapat dikemas dengan menarik dan dapat disebarkluaskan secara masal, sehingga pesan dakwah dapat tersampikan kepada lapisan elemen masyarakat. Selain itu, media sosial dinilai efektif karena menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSupa'at, Supa'atUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Center, Masjid, Dakwah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:42
Last Modified: 22 Oct 2023 04:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11277

Actions (login required)

View Item View Item