Implementasi Proyek REP-MEQR Komponen 1 Tentang Penerapan e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) untuk madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bulu Kabupaten Rembang

Chasanah, Chaizatul (2023) Implementasi Proyek REP-MEQR Komponen 1 Tentang Penerapan e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) untuk madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bulu Kabupaten Rembang. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (226kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)

Abstract

Proyek Komponen 1 yaitu Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) adalah platform digital untuk penyempurnaan sistem perencanaan dan pengelolaan anggaran untuk mempermudah madrasah dalam melaksanakan evaluasi diri sebagai dasar penyusunan rencana kerja dan anggaran madrasah. Tujuan Peneletian ini adalah untuk menganalis bagaimana implementasi Penerapan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis elektronik) dalam meningkatkan kualitas madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bulu serta manfaat,dampak,kendala,tantangan dan keberhasilannya model penelitian yang digunakan adalah field research dan pendekatan yang dipilih adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Implementasi proyek ini dalam meningkatkan kualitas madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bulu sudah sangat baik secara konsisten satu tahun sekali yaitu dimulai dengan Evaluasi Diri Madrasah, kemudian input pada aplikasi e-RKAM, manfaat yang didapatkan meningkatkan efektivitas dan mempermudah pengelolaan administrasi keuangan madrasah,monitoring dan evaluasi, transparansi dan akuntabilitas madrasah serta kualitas pengajaran dan hasil belajar siswa. Dampaknya adalah peningkatan kualitas pendidikan yang bersandar pada SNP dapat tercapai dan mendapatkan Bantuan BOS Afirmasi,Kendalanya adalah SDM yang kurang kompeten, waktu yang cukup lama dan dana, sedangkan tantangannya keterbatasan akses dan infrastruktur , SDM yang kurang menguasai tehnologi, perubahan mentalitas dan budaya dalam pengelolaan keuangan dan administrasi madrasah, privasi dan keamanan data dan biaya pemeliharaan Keberhasilannya adalah pengelolaan keuangan madrasah lebih efisien dan terukur dengan baik, meningkatnya partisipasi siswa dan kualitas pembelajaran, pemantauan dan evaluasi terkontrol. Saran peneliti madrasah agar lebih proaktif dalam menjalin kerjasama dengan stake holder di Kementerian Agama, menambah kapasitas jaringan internet pada madrasah serta mencukupi sarana prasarana media digital, dan mengupayakan sumber dana bagi madrasah selain dari dana BOS, SDMnya agar lebih aktif meningkatkan wawasan pengetahuan tentang aspek 5 budaya mutu dan 8 SNP serta kemampuan cakap digital

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfferi, AdriUNSPECIFIED
Thesis advisorMasrukhin, MasrukhinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Aplikasi e-RKAM, Kualitas madrasah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:37
Last Modified: 22 Oct 2023 04:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11278

Actions (login required)

View Item View Item