Solikhah, Nina Mar’atus (2023) Model layanan Bimbingan Konseling Untuk Penguatan self Determination Perencanaan Karier Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTS NU) Raudlatus Shibyan Kudus. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (607kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (525kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (721kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (459kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (611kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (348kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui pengalaman dan makna guru BK dalam memberikan materi layanan bimbingan konseling untuk menguatkan self determination perencanaan karier peserta didik di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Kedua, untuk mengetahui pengalaman dan makna metode yang digunakan guru BK dalam layanan bimbingan konseling peserta didik pada perencanaan kariernya di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif kategori studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Subyek dari penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru bimbingan konseling, peserta didik, alumni, orang tua. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dari para informan. Sedangkan pada tahap analisis peneliti menggunakan tahap pertama, describing experience (menggambarkan pengalaman). tahap kedua, describing meaning menggambarkan makna), tahap yang ketiga adalah fokus pada analisis (Focus of the analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan pengalaman studi kasus layanan bimbingan konseling untuk menguatkan self determination perencanaan karier peserta didik yakni: 1) Guru BK membantu peserta didik menentukan minatnya; 2) Peserta didik menerima dukungan dari orang tua; 3) Peserta didik mendapat pengaruh dari luar; 4) Minat serta kemampuan peserta didik meningkat; 5) Peserta didik lebih berpikir terbuka (open minded); 6) Pengetahuan peserta didik tentang informasi jurusan meningkat. Sedangkan makna yang ditemukan dalam self determination pada perencanaan karier meliputi; 1) Peserta didik lebih mandiri mencari informasi; 2) Memperoleh banyak dukungan dari berbagai stake holder; 3) Peserta didik mandiri dalam mengambil keputusan; 4) Peserta didik memiliki motivasi yang tinggi; 5) Memperoleh dukungan dari orang tua; 6) Munculnya pemahaman tentang minat yang ada pada diri peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan konseling, self determination, perencanaan karier, peserta didik | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 05:00 | |||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 05:00 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11289 |
Actions (login required)
View Item |