Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Nurul Haq Prambatan Kidu

Hana, Lia Zahrotul (2023) Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Nurul Haq Prambatan Kidu. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)

Abstract

erhasilan ditempuh melalui lembaga pendidikan yaitu sekolah. Di sekolah anak akan diajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal dimasa depan. Dalam hal ini peran guru sangat mempengaruhi sistem belajar yang terjadi di kelas. Salah satunya dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi secara baik dan dapat meningkatkan keaktifan peserta didik serta menjadikan pembelajaran lebih optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penggunaan metode diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul, 2) Untuk mengetahui bentuk keaktifan peserta didik dalam mengikuti diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran IPS kelas IV MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul, dan 3) Untuk mengetahui manfaat penggunaan metode diskusi kelompok kecil dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data dengan melakukan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Adapun analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa MI NU Nurul Haq Prambatan Kidul telah menerapkan metode diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran IPS kelas IV yang membuat keaktifan peserta didik meningkat dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil, dalam artian metode ini dapat diandalkan sebagai metode yang baik dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi Kelompok Kecil, Keaktifan Peserta Didik, dan IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 05:00
Last Modified: 22 Oct 2023 05:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item View Item