Mukasaroh, Junatun (2023) Perencanaan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis TikTok dalam Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (212kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (367kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (607kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (728kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (522kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (665kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (465kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (358kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tahapan perencaan video pembelajaran interaktif berbasis TikTok dalam materi interaksi sosial dan lembaga sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati; dan 2) Mengetahui kendala dalam perencaan video pembelajaran interaktif berbasis TikTok dalam materi interaksi sosial dan lembaga sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini yaitu guru IPS, kepala madrasah, dan siswa kelas VII MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi, penggunaan bahan referensi, dan member check. Adapun Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan video pembelajaran interaktif berbasis Tiktok melalui 3 tahapan, tahapan awal guru menyiapkan laptop dan proyektor, kedua, kegiatan inti, pada tahap ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran, setelah itu mengarahkan siswa untuk menyajikan video pembelajaran interaktif materi interaksi sosial dan lembaga sosial yang dibuat melalui TikTok, kemudian dipresentasikan urut kelompok, terakhir, tahap evaluasi, pada tahap ini guru memberi pengetahuan tambahan mengenai materi interaksi sosial dan lembaga sosial, dan juga memberi nilai pada video yang telah ditugaskan. 2) Terdapat 2 kendala yang dihadapi dalam perencanaan video pembelajaran interaktif berbasis TikTok dalam materi interaksi sosial dan lembaga sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati, yang pertama jaringan internet yang terkadang tidak bisa diakses, yang kedua kurangnya rasa percaya diri pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Interaktif, TikTok, Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 07:01 | |||||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 07:01 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11322 |
Actions (login required)
View Item |