Perencanaan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis TikTok dalam Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati

Mukasaroh, Junatun (2023) Perencanaan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis TikTok dalam Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (607kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (522kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (665kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (465kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tahapan perencaan video pembelajaran interaktif berbasis TikTok dalam materi interaksi sosial dan lembaga sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati; dan 2) Mengetahui kendala dalam perencaan video pembelajaran interaktif berbasis TikTok dalam materi interaksi sosial dan lembaga sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini yaitu guru IPS, kepala madrasah, dan siswa kelas VII MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi, penggunaan bahan referensi, dan member check. Adapun Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan video pembelajaran interaktif berbasis Tiktok melalui 3 tahapan, tahapan awal guru menyiapkan laptop dan proyektor, kedua, kegiatan inti, pada tahap ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran, setelah itu mengarahkan siswa untuk menyajikan video pembelajaran interaktif materi interaksi sosial dan lembaga sosial yang dibuat melalui TikTok, kemudian dipresentasikan urut kelompok, terakhir, tahap evaluasi, pada tahap ini guru memberi pengetahuan tambahan mengenai materi interaksi sosial dan lembaga sosial, dan juga memberi nilai pada video yang telah ditugaskan. 2) Terdapat 2 kendala yang dihadapi dalam perencanaan video pembelajaran interaktif berbasis TikTok dalam materi interaksi sosial dan lembaga sosial di MTs Mansyaul Ulum Sukoharjo Pati, yang pertama jaringan internet yang terkadang tidak bisa diakses, yang kedua kurangnya rasa percaya diri pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorSolihah, Ni'matusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran Interaktif, TikTok, Materi Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2023 07:01
Last Modified: 22 Oct 2023 07:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11322

Actions (login required)

View Item View Item