Kristiana, Dika (2023) The Use of Songs to Improve Listening Skill in Eighth Grade Students: A case Study at an Islamic Junior School in Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (995kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (339kB) |
|
Text
3. CONTENTS.pdf Download (372kB) |
|
Text
4. CHAPTER I.pdf Download (603kB) |
|
Text
5. CHAPTER II.pdf Download (488kB) |
|
Text
6. CHAPTER III.pdf Download (406kB) |
|
Text
7. CHAPTER IV.pdf Download (641kB) |
|
Text
8. CHAPTER V.pdf Download (333kB) |
|
Text
9. REFERENCES.pdf Download (349kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas penggunaan lagu bahasa Inggris untuk meningkatkan keterampilan menyimak. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Memahami penggunaan lagu untuk mengajarkan keterampilan menyimak pada siswa kelas delapan SMP di Kudus, dan 2) Menganalisis kelebihan dan kekurangan penggunaan lagu untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas delapan SMP di Kudus. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis diperoleh dengan mencari dan menyusun data secara sistematis. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Beberapa informan berpartisipasi dalam penelitian ini, yaitu guru mata pelajaran bahasa Inggris dan 5 siswa kelas delapan di sebuah SMP Islam di Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan lagu-lagu bahasa Inggris untuk mengajarkan keterampilan mendengarkan kepada siswa kelas delapan di sebuah sekolah menengah pertama Islam di Kudus cocok untuk siswa. Manfaat penggunaan lagu bahasa Inggris untuk mengajarkan keterampilan menyimak adalah efektif dalam menciptakan kondisi dan lingkungan belajar di kelas yang menarik, bahagia, dan menikmati proses belajar. Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu bersama-sama dalam belajar mata pelajaran bahasa Inggris. guru memainkan lagu sebanyak 3 kali untuk membuat siswa lebih memperhatikan dan menganalisis lirik lagu tersebut. Ada dua lagu yang guru berikan kepada siswa, yaitu: "Wheels on the Bus" oleh CoComelon dan "Reflection" oleh Christina Aguilera, dan guru meminta siswa untuk melakukan latihan dengan melakukan mengisi kalimat kosong. Ada alat persiapan yang digunakan dalam lagu-lagu bahasa Inggris, seperti: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) digunakan untuk menyiapkan bahan pembelajaran guru untuk mengajar siswa di kelas. Lembar kerja siswa (LKPD) adalah bahan yang berisi bahan, rangkuman, dan petunjuk tentang kinerja tugas belajar yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai keterampilan dasar yang disajikan. LCD Projector adalah jenis media yang digunakan di kelas yang dapat menampilkan gambar, lagu, atau video dalam ukuran besar. Soundbox adalah media yang digunakan untuk menambahkan volume menjadi suara keras dalam belajar lagu bahasa Inggris. 2) Keuntungan dan kerugian menggunakan Lagu untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada siswa kelas delapan di sebuah sekolah menengah pertama Islam di Kudus, seperti: Keuntungan penggunaan lagu untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan pada siswa kelas delapan di sebuah sekolah menengah pertama Islam di Kudus adalah: Menikmati proses pembelajaran, media pembelajaran sederhana, mampu meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Sedangkan kelemahan penggunaan lagu untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas delapan di sebuah SMP Islam di Kudus adalah: media yang digunakan tidak lengkap dan, beberapa siswa mengalami kesulitan memahami bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Lagu bahasa Inggris, Listening skill, English subject, kelebihan dan kekurangan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Oct 2023 07:06 | ||||||
Last Modified: | 22 Oct 2023 07:06 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11324 |
Actions (login required)
View Item |