Tradisi Kepemimpinan Kharismatik KH. Ma’shoem Ahmad di Pondok Pesantren AlHidayat Lasem dalam Dakwah Islam dan Pengaruhnya Terhadap Masyaarakat.

Alfiani, Eka Septiana (2023) Tradisi Kepemimpinan Kharismatik KH. Ma’shoem Ahmad di Pondok Pesantren AlHidayat Lasem dalam Dakwah Islam dan Pengaruhnya Terhadap Masyaarakat. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (760kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (876kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (558kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)

Abstract

Kepemimpinan karismatik yang dimiliki menjadi nilai tersendiri dalam melaksanakan kepemimpinan. KH. Ma’shoem Ahmad memiliki karakteristik gaya kepemimpinan karismatik yang membuat pengikutnya jatuh cinta dengan kepemimpinan dan sosoknya. KH. Ma’shoem Ahmad merupakan tokoh sentral dalam Pesantren Al-Hidayat Lasem. Terdapat faktor dan indikator kepemimpinan karismatik Kiai dan tercapainya visi yang dimiliki KH. Ma’shoem Ahmad. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pertama Bagaimana cara KH. Ma’shoem Ahmad dan pengasuh dalam memelihara nilai-nilai tradisi pondok pesantren tradisional di pondok pesantren AlHidayat Lasem. Kedua Bagaimana implementasi yang dilakukan oleh para pengasuh dalam menerapkan tradisi kepemimpinan kharismatik pondok pesantren yang diajarkan oleh KH. Ma’shoem Ahmad. Ketiga Bagaimana dampak dari kepemimpinan kharismatik yang diterapkan di pondok pesantren Al-Hidayat Lasem bagi masyarakat sekitar. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pondok pesantren AlHidayat merupakan pondok pesantren salaf yaitu cara pembelajarannya masih sama seperti ulama terdahulu dengan menggunakan kitab kuning, bandongan, sorogan, dan lalaran kitab. Kepemimpinan merupakan suatu topik pembahasan yang tiada habisnya saat dikupas, disamping berbagai keunikan berbagai karakter manusia yang melakukan kepemimpinan serta bebagai kondisi situasional yang dinamis. Hal inilah membuat kepemimpinan semakin fenomenal ketika dikupas satu per satu. Pemimpin adalah faktor sentral penggerak sebuah organisasi yang memberikan bimbingan, koreksi, motivasi bahkan teladan. Selain itu juga, pemimpin menjadi penentu arah tujuan yang akan dicapai organisasi.karenanya konsep kepemimpinan yang kharismatik dapat menjadi panutan atau gambaran seseorang yang ideal. Darin gaya kepemimpinan kharismatik yang beliau miliki, banyak santri lulusan pondok pesantren Al-Hidayat yang menempati posisi sebagai peimpin terpenting negara dan memiliki kharisma

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWahyuningsih, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kharismatik, KH. Ma’shoem Ahmad, Tradisi Pondok Pesantren, Al-Hidayat Lasem.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Manajemen Dakwah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:39
Last Modified: 23 Oct 2023 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11385

Actions (login required)

View Item View Item