Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Edupreneurship Pada Materi Aritmatika Sosial

Badriyyah, Lu’luatul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Edupreneurship Pada Materi Aritmatika Sosial. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (691kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (455kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam dunia kewirausahaan dan pencipta lapangan pekerjaan. Diagram presentase kontribusi perekonomian Indonesia menunjukkan bahwa masih rendahnya industri ekonomi kreatif dengan presentase 11%. Menurut hasil analisis awal rendahnya kompetensi kewirausahaan peserta didik sehingga perlu adanya pendidikan kewirausahaan yang direlevansikan pada media pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi kewirausahaan peserta didik salah satunya dengan adanya media Ular Tangga Aritmatika Sosial Edupreneurship. Berdasarkan analisis tersebut, maka tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Ular Tangga Edupreneurship Pada Materi Aritmatika Sosial, (2) Menganalisis Validasi hasil desain Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Edupreneurship Pada Materi Aritmatika Sosial. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Thiagarajan yang dimodifikasi pada tahap uji coba pengembangan menggunakan skala terbatas. Model ini terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket validasi ahli materi, ahli media, ahli edupreneurship, dan angket respond peserta didik. Kelayakan media ini didapatkan berdasarkan masukan dan saran dari ahli materi, ahli media, dan ahli edupreneurship hingga memperoleh kategori layak kemudian diuji coba pada lima siswa kelas VII SMPN 2 Kaliwungu Kudus. Hasil pengembangan yang diperoleh yaitu produk Media Ular Tangga Edupreneurship pada Materi Aritmatika Sosial. Hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli materi memperoleh rerata sebesar 4,21 ahli media memperoleh rerata sebesar 4,33 ahli edupreneurship memperoleh rerata sebesar 4,71 dan respon peserta didik melalui uji coba pengembangan sebanyak 5 siswa kelas VII SMPN 2 Kaliwungu Kudus dengan rerata skor sebesar 96%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media dinyatakan Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk menunjang proses pembelajaran matematika dan peningkatan edupreneurship, khususnya di SMPN 2 Kaliwungu Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHaqiqi, Arghob KhofyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Edupreneurship, Aritmatika Sosial, Media Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:22
Last Modified: 23 Oct 2023 08:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11389

Actions (login required)

View Item View Item