Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Drama Korea SCHOOL 2021

Shiffany, Tiara (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Drama Korea SCHOOL 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (389kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (995kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu poin penting dalam dunia pendidikan pada akhir-akhir ini, hal ini berkaitan dengan fenomena dekadensi moral yang sedang marak terjadi ditengah masyarakat terutama di lingkungan pemerintah yang semakin beragam dan meningkat. Pendidikan sepanjang keberlangsungannya mengajarkan peserta didik perihal nilai-nilai moral dan spiritual yang baik. Termasuk pembentukan karakter yang baik bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya nilai karakter dan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam drama Korea School 2021. Dimana hal ini menjadi tujuan peneliti bahwa ada hal yang didapat dari menonton tayangan drama Korea di tengah fenomena dekadensi moral dalam dunia pendidikan dengan menjadikan adanya pembelajaran melalui tayangan drama Korea ini memiliki keterkaitan positif dalam penguatan karakter diri. Jenis penelitian ini merupakan library research (studi pustaka) yakni serangkaian studi yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka dengan menggunakan pendekatan content analysis (analisis isi) Didalam analisis data jenis ini dokumen yang dianalisis disebut dengan kata ”teks” atau suatu wujud dari representasi simbolik yang direkam atau didokumentasikan. Yang artinya peneliti tidak bekerja langsung dengan data lapangan. Hasil yang diperoleh dari analisis tersebut ialah adanya 5 poin dari 18 nilai karakter yang ada yakni mandiri, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, dan peduli sosial dan adanya nilai pendidikan karakter yang meliputi tercapainya tujuan daripada pendidikan karakter tersebut dengan model pembelajaran pendidikan karakter mulai dari pengetahuan mendasar yang dilakukan berlandaskan dengan pendekatan inquiry dengan fokus sepenuhnya terhadap peseta didik dilibatkan secara penuh serta penggunaan sarana pembelajaran pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler atau sebuah klub.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMujab, SaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Drama Korea, School 2021
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:47
Last Modified: 03 Nov 2023 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11447

Actions (login required)

View Item View Item