Setiawan, Endri (2023) Implikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Mutu Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jepara. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (506kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (384kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (426kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (576kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (356kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (920kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (296kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
Abstract
Kepala Madrasah memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam memerankan kepemimpinannya seorang kepala memiliki gaya memimpin sesuai dengan kondisi bawahannya, sehingga dapat memaksimalkan organ madrasah untuk bekerja secara maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tesis yang berjudul Implikasi Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 2 Jepara ( studi komparatif dua kepemimpinan di MTsN 2 Jepara 2018- 2023) membahas gaya kepemimpinan dua kepala dalam memimpin satu madrsah dengan waktu yang berbeda untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bahasan ini sesuai dengan kajian manajemen pendidikan islam di dalamnya terdapat gaya kepemimpinan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif komparatif dengan paradigma naturalistic. Penelitian ini di lakukan di MTsN 2 Jepara. Pemerolehan data melalui observasi, interview, dan dokumentasi. Data – data tersebut dianalisis secara interaktif dan kontinyu mulai dari reduksi, penyajian, dan verifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan dua kepala madrasah tersebut dalam meningkatkan mutu pendidikan, strategi yang digunakan dan faktor – faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan. Setelah dilakukan riset menunjukkan bahwa Kepala periode 2018 -2020 menggunakan gaya kepemimpinan demokrasi instruktif. Kepala periode 2021 -2023 memiliki gaya demokrasi delegating. Keduanya memiliki strategi peningkatan mutu dengan optimalisasi pendidik a). peningkatan kompetensi guru yang difasilitasi kepala dan mandiri, b) pelatihan /pengarahan dari kepala madarasah. Pengorganisasian materi; a) memaksimalkan intrakurikuler dengan kepengawasan yang ketat, dan b) memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler. Sarana prasarana a) Optimalisasi alat yang tersedia, b) mengadakan alat yang terjangkau dan terukur. Faktor pendukung : memiliki kepercayaan yang baik di masyarakat, memiliki tenaga pendidik 100 % Strata 1, memiliki fasilitas yang memadai. Faktor penghambat adalah di tengah –tengah masyarakat dengan perekekonomian menengah ke bawah, sulitnya menciptakan budaya persaingan pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Kepemimpinan, Pendidikan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah |
||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2023 00:57 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2023 00:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11478 |
Actions (login required)
View Item |