Efektivitas Bimbingan Kelompok Islam dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengatasi Sikap People Pleaser Pada Mahasiswa IAIN Kudus

Shofawati, Dela Zulfa Karimah (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok Islam dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk Mengatasi Sikap People Pleaser Pada Mahasiswa IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (728kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai efektivitas bimbingan kelompok Islam dengan pendekatan rational emotive behavior therapy untuk mengatasi sikap people pleaser pada mahasiswa IAIN Kudus. People pleaser adalah orang yang selalu berusaha untuk melakukan atau mengatakan hal-hal baik kepada orang-orang di sekitarnya, meskipun hal itu bertentangan dengan pikiran atau perasaannya. Mereka melakukan ini agar orang lain tidak kecewa. Sikap people pleaser memiliki kecenderungan untuk mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri agar disukai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk pre-experimental design dengan desain one group pre-test post-test. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi terdiri dari 82 mahasiswa dan sampel sebanyak 10 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert yang digunakan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok Islam dengan pendekatan REBT. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial, uji normalitas data dan uji homogenitas data, uji hipotesis menggunakan uji sign test (uji tanda) dan uji wilcoxon signed rank. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bimbingan kelompok Islam dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy efektif dalam menurunkan tingkat sikap people pleaser pada Mahasiswa IAIN Kudus. Hal ini dibuktikan dengan hasil perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 83,6 dan presentase 80,38% yang termasuk dalam kategori interval tinggi 71-85, sedangkan posttest nilai rata-rata skor 53,3 dan presentase 51,44% yang termasuk ke dalam kategori interval rendah 41-55 diperoleh setelah diberikan intervensi bimbingan kelompok Islam dengan pendekatan REBT. Jadi tingkat people pleaser pada mahasiswa mengalami penurunan skor sebesar 30,1 dengan presentase 28,94%. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa dari uji sign test diperoleh nilai exact Sig (2-tailed) 0,002 < 0,05, maka adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Kemudian hasil dari Wilcoxon Signed Rank diperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) 0,005 < 0,05, maka terdapat perbedaan antara pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNida, Fatma Laili KhoirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Islam dengan Pendekatan REBT, People Pleaser
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:22
Last Modified: 07 Nov 2023 02:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item