Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus

Pratiwi, Suci Bekti (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Aktivitas Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (954kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (676kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (535kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan 1) untuk membandingkan lebih efektif aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran numbered heads together atau lebih efektif aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung. 2) untuk membandingkan lebih efektif kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran numbered heads together atau lebih efektif kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung. 3) Untuk membandinggkan lebih efektif aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together atau lebih efektif yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif Quasi Exsperiment. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur aktivitas belajar peserta didik dan tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa selas XI IPS MA Mu’allimat NU Kudus. Sedangkan sampel pada penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis independent t-test dan Uji Manova sebelum melakukan uji hipotesis, adapun uji prasyarat yang dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas data. Hasil uji hipotesis independent t-test diperoleh simpulan bahwa 1) Aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran numbered heads together lebih efektif daripada aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,020 < 0,05, thitung = 2,377 > ttabel = 1,99547, serta nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 84,49 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 80,23. 2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran numbered heads together lebih efektif daripada kemampuan komunikasi matematis yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, thitung = 3,498 > ttabel = 1,99547, serta nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 82,86 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,60. Uji Manova diperoleh simpulan nilai sig. Dari kedua variabel tak bebas (aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematis) adalah sebesar 0,020 dan 0,002. Karena nilai sig. Kurang dari 0,05 maka disimpulkan bahwa model pembelajaran numbered heads together lebih efektif terhadap aktivitas belajar dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada mateeri barisan dan deret kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Aktivitas Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:36
Last Modified: 09 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item