Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi, Organizational Citisenship Behavior dengan Islamic Work Ethics sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Amil pada Lembaga Pengelola Zakat di Kabupaten Grobogan.

Khoiriyah, Siti (2023) Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi, Organizational Citisenship Behavior dengan Islamic Work Ethics sebagai Variabel Intervening terhadap Kinerja Amil pada Lembaga Pengelola Zakat di Kabupaten Grobogan. Masters thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER - KATA PEGANTAR.pdf

Download (841kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (269kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (671kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (303kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja amil pada lembaga pengelola dana zakat di Kabupaten Grobogan ditinjau dari variabel kompetensi, budaya organisasi dan organizational citizenship behavior dengan islamic work ethics sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan yakni field research dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif dapat diartikan sebagai metode yang berlandaskan pada filsafat positivisme. Populasinya yaitu amil pada lembaga pengelola dana zakat di Kabupaten Grobogan. Jumlah sampel sebanyak 80 responden, namun data yang diolah secara lengkap sebanyak 78 responden. Alat pengumpulan data berupa kuisioner, observasi, dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan bantuan SmartPLS 3. Berdasarkan hasil penelitian pada pengujian instrument menggunakan uji model pengukuran (outer model) yaitu validitas konvergen, validitas deskriminan dan reliabilitas hasilnya semua instrumen valid dan reliabel. Uji analisis model struktural (inner model) dapat diketahui nilai R-Square (R2 ) dari variabel islamic work ethics (Z) sebesar 0,723 atau 72.3% dan nilai R-Square (R2 ) dari variabel Kinerja Amil (Y) sebesar 0,724 atau 72.4%. Sedangkan, untuk diketahui nilai Q-Square (Q2 ) sebesar 0,546 dan dan nilai Q-Square (Q2 ) sebesar 0,402. Sedangkan Uji hipotesis melalui perhitungan bootstrapping menunjukkan hasil bahwa kompetensi, budaya organisasi dan organizational citizenship behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap islamic work ethics. Kemudian, kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja amil, budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja amil, organizational citizenship behavior berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja amil, dan islamic work ethics berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja amil.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, NorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Budaya Organisasi, Organizational Citizenship Behavior, Islamic Work Ethics dan Kinerja Amil
Subjects: Fiqih, Hukum Islam > Ibadah > Zakat
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Nov 2023 07:03
Last Modified: 09 Nov 2023 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11514

Actions (login required)

View Item View Item