Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Dompet Digital pada Mahasiswa IAIN Kudus (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Kudus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Tahun 2019-2020)

Pisa, Mayanfa’una Dila (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Dompet Digital pada Mahasiswa IAIN Kudus (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Kudus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Tahun 2019-2020). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
COVER-KATA PENGATAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (387kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)

Abstract

Kemajuan internet yang semakin meluas dan berkembang pesat di masyarakat mengakibatkan adanya berbagai macam teknologi baru khususnya pada produk finansial. Contohnya yaitu dompet digital. Terdapat lima dompet digital yang banyak diminati di Indonesia yakni OVO, Gopay, Dana, Shopeepay, dan LinkAja. Persaingan antar dompet digital mengakibatkan perusahaan dompet digital terus menjalankan berbagai inovasi guna meningkatkan pemakaian dompet digital dan terus berusaha guna mengenalkan masyarakat dengan berbagai promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko baik dengan parsial ataupun simultan terhadap minat penggunaan dompet digital pada mahasiawa IAIN Kudus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Tahun 2019-2020. Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskripti, responden yang di tentukan berjumlah 100 orang dari mahasiswa IAIN Kudus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Tahun 2019-2020. Pemrosesan data memakai analisis linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa variable kepercayaan , persepsi keamanan, dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan dompet digital, sedangkan persepsi kemudahan dan persepsi risiko berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap minat penggunaan dompet digital. Secara simultan kelima variable independent penelitian mempunyai pengaruh terhadap minat penggunaan dompet digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuhadi, SuhadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dompet digital, Kepercayaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2023 09:28
Last Modified: 10 Nov 2023 09:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11530

Actions (login required)

View Item View Item