Keefektifan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis pada Peserta Didik

Sa’adah, Nailatus (2023) Keefektifan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis pada Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (412kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (735kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (600kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (ceramah) dan mengetahui kemampuan disposisi matematis yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif dibandingkan dengan kemampuan disposisi matematis yang menggunakan model pembelajaran ekspositori (ceramah). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 jenis instrument yaitu, tes dan kuesioner. Terdapat 3 butir soal tes dan 25 butir pernyataan yang digunakan penelitian pada kelas eksperimen dan kelas control. Populasi pada penelitian ini berjumlah 65 siswa, yang diantaranya 21 siswa kelas VIII A, 22 siswa kelas VIII B dan 22 siswa kelas VIII C. Kelas VIII B digunakan sebagai kelas control dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Peneliti menggunakan teknik cluster ralndom salmpling sebagai pengambilan sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan uji independent sample ttest. Pada hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik diperoleh nilai h = 3,857 > bel = 2,01808. Sedangkan untuk hasil angket disposisi matematis diperoleh nilai h = 3,345 > bel = 2,01808. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis dan disposisi matematis pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) lebih efektif dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis dan disposisi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), Berpikir Kreatif Matematis, dan Disposisi Matematis.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:54
Last Modified: 15 Nov 2023 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11540

Actions (login required)

View Item View Item