Na’im, Zulfatun (2023) Implementasi Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (667kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (784kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (953kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (587kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (537kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meneliti implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an, (2) Meneliti implementasi metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah), (3) Meneliti keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa, (4) Meneliti faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan ditentukan melalui purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus dilaksanakan melalui 4 tahapan, Pertama, Planning yaitu menyiapkan rencana program tahfidz Al-Qur’an. Kedua, Organizing yaitu pembagian tugas dan tanggung jawab bagi setiap guru tahfidz. Ketiga, Actuating yaitu pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dimulai dari kelas 1 - 6 yang terbagi menjadi 2 kategori. Keempat, Controlling yaitu pelaksanaan evaluasi secara harian, bulanan, lulus juz dan semesteran. (2) Implementasi metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus diawali dengan muraja’ah, kemudian menghafal (tikrar), setoran hafalan secara face to face (talaqqi), kemudian bin nadhor untuk hafalan selanjutnya (talqin). (3) Keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa yaitu kemampuan Makhorijul Huruf dan Fashohatul Kalimah semakin tahun semakin bagus. Hafalan anak mampu mencapai target hafalan. (4) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa yaitu ada 2. Pertama, faktor pendukung dapat berasal dari dukungan keluarga, kondisi lingkungan tempat tinggal yang baik, dan motivasi dari teman, Kedua, faktor penghambat dapat berasal dari keluarga, faktor lingkungan tempat tinggal dan alokasi waktu pembelajaran yang kurang.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an, Metode 3T+1M, Kemampuan Menghafal | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2023 03:48 | |||||||||
Last Modified: | 15 Nov 2023 03:48 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11542 |
Actions (login required)
View Item |