Implementasi Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus

Na’im, Zulfatun (2023) Implementasi Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an Metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (667kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (370kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (784kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (953kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (587kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (537kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Meneliti implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an, (2) Meneliti implementasi metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah), (3) Meneliti keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa, (4) Meneliti faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan ditentukan melalui purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus dilaksanakan melalui 4 tahapan, Pertama, Planning yaitu menyiapkan rencana program tahfidz Al-Qur’an. Kedua, Organizing yaitu pembagian tugas dan tanggung jawab bagi setiap guru tahfidz. Ketiga, Actuating yaitu pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an dimulai dari kelas 1 - 6 yang terbagi menjadi 2 kategori. Keempat, Controlling yaitu pelaksanaan evaluasi secara harian, bulanan, lulus juz dan semesteran. (2) Implementasi metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus diawali dengan muraja’ah, kemudian menghafal (tikrar), setoran hafalan secara face to face (talaqqi), kemudian bin nadhor untuk hafalan selanjutnya (talqin). (3) Keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa yaitu kemampuan Makhorijul Huruf dan Fashohatul Kalimah semakin tahun semakin bagus. Hafalan anak mampu mencapai target hafalan. (4) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi manajemen program tahfidz Al-Qur’an metode 3T + 1M (Talqin, Tikrar, Talaqqi dan Muraja’ah) dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa yaitu ada 2. Pertama, faktor pendukung dapat berasal dari dukungan keluarga, kondisi lingkungan tempat tinggal yang baik, dan motivasi dari teman, Kedua, faktor penghambat dapat berasal dari keluarga, faktor lingkungan tempat tinggal dan alokasi waktu pembelajaran yang kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarim, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorNida, Fama Laili KhoirunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program Tahfidz Al-Qur’an, Metode 3T+1M, Kemampuan Menghafal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2023 03:48
Last Modified: 15 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item