Pengaruh Learning Cycle 5E berbasis Masalah Lokal terhadap Environmental Literacy Siswa pada Kurikulum Merdeka Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas X SMA NU Al Ma’ruf Kudus

Mifidah, Laelatul (2023) Pengaruh Learning Cycle 5E berbasis Masalah Lokal terhadap Environmental Literacy Siswa pada Kurikulum Merdeka Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas X SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (642kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (850kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (600kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (438kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan Learning Cycle 5E berbasis masalah lokal, 2) Untuk mengetahui environmental literacy awal siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 3) Untuk mengetahui environmental literacy siswa kelompok eksperimen setelah penerapan model Learning Cycle 5E berbasis masalah lokal dan kelompok kontrol menggunakan model konvensional, 4) Untuk mengetahui pengaruh Learning Cycle 5E berbasis masalah lokal terhadap environmental literacy siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan angket respon siswa terhadap model Learning Cycle 5E berbasis masalah lokal, angket environmental literacy, tes uraian materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup, dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis masalah lokal. Adapun teknik sampling yang digunakan peneliti yaitu teknik probability sampling. Jenis probability sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, dimana peneliti mengambil sampel secara acak dari kelompok kelas yang sudah ada. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-10 sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data diantaranya uji normalitas menggunakan Kolmogorof Smirnov, uji homogenitas menggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t test dan uji paired sample t test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diantaranya yaitu: 1) Berdasarkan hasil analisis pada lembar observasi dan angket respon siswa terhadap model pembelajaran tersebut termasuk kategori baik sehingga Learning Cycle 5E berbasis masalah lokal sangat positif diterapkan sebagai model pembelajaran. 2) Berdasarkan hasil data penelitian menunjukkan bahwa environmental literacy awal siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum perlakuan berbeda, dimana environmental literacy kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. 3) Hasil environmental literacy siswa setelah perlakuan pada kelompok eksperimen maupun kontrol mengalami kenaikan. Akan tetapi, penerapan model Learning Cycle 5E berbasis masalah lokal pada kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol pada semua indikator. 4) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) < α (0,05) yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan environmental literacy antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsyhari, AndiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 5E, Environmental Literacy, Kurikulum Merdeka
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:16
Last Modified: 23 Nov 2023 02:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item