Fahriyah, Ifthina (2023) A Narrative Inquiry to Explore Teacher's Experience in Implementing Tiktok as an Interesting Media for Learning English on Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
02 ABSTRACT.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 TABLE OF CONTENT.pdf Download (78kB) |
|
Text
04 CHAPTER I.pdf Download (116kB) |
|
Text
05 CHAPTER II.pdf Download (753kB) |
|
Text
06 CHAPTER III.pdf Download (118kB) |
|
Text
07 CHAPTER IV.pdf Download (170kB) |
|
Text
08 CHAPTER V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 BIBLIOGRAPHY.pdf Download (86kB) |
Abstract
Bahasa Inggris masih menjadi momok bagi siswa di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kudus. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik seperti Tiktok sebagai aplikasi yang digandrungi Gen Z agar siswa antusias dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru dalam menggunakan Tiktok sebagai media yang menarik untuk belajar bahasa Inggris. Inkuiri naratif digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini. Untuk memperkuat data, penulis menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan kuesioner. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris, kepala sekolah dan siswa kelas sembilan. Penelitian ini melibatkan lima belas siswa kelas sembilan untuk data kuesioner dan satu siswa diwawancarai sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tiktok sebagai media pembelajaran menggunakan dua tahap, yaitu persiapan dan implementasi. Guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), power point, proyektor, laptop, dan sound. Pada pelaksanaannya, guru menjelaskan materi iklan dan memberikan tugas kepada siswa dengan membuat video tentang iklan di Tiktok secara berkelompok untuk didiskusikan pada pertemuan selanjutnya. Dengan menggunakan Tiktok, materi advertisement menjadi lebih mudah dan efektif untuk dipahami, memperkaya kosakata, serta memotivasi siswa untuk terus belajar bahasa Inggris. Menggunakan Tiktok dalam proses pembelajaran, memungkinkan guru untuk mengembangkan berbagai strategi dalam pembelajaran. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah kesulitan sinyal, kendala smartphone atau beberapa siswa yang tidak diperbolehkan menggunakan smartphone. Namun hal ini dapat diatasi dengan membentuk kelompok-kelompok sehingga setiap anggota kelompok dapat saling membantu satu sama lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman guru, Tiktok, Media menarik untuk belajar bahasa Inggris | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan Bahasa > Bahasa Inggris |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:32 | ||||||
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:32 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11586 |
Actions (login required)
View Item |