A Narrative Inquiry to Explore Teacher's Experience in Implementing Tiktok as an Interesting Media for Learning English on Madrasah Tsanawiyah

Fahriyah, Ifthina (2023) A Narrative Inquiry to Explore Teacher's Experience in Implementing Tiktok as an Interesting Media for Learning English on Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02 ABSTRACT.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 CHAPTER I.pdf

Download (116kB)
[img] Text
05 CHAPTER II.pdf

Download (753kB)
[img] Text
06 CHAPTER III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
07 CHAPTER IV.pdf

Download (170kB)
[img] Text
08 CHAPTER V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (86kB)

Abstract

Bahasa Inggris masih menjadi momok bagi siswa di salah satu Madrasah Tsanawiyah di Kudus. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik seperti Tiktok sebagai aplikasi yang digandrungi Gen Z agar siswa antusias dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman guru dalam menggunakan Tiktok sebagai media yang menarik untuk belajar bahasa Inggris. Inkuiri naratif digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini. Untuk memperkuat data, penulis menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan kuesioner. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru bahasa Inggris, kepala sekolah dan siswa kelas sembilan. Penelitian ini melibatkan lima belas siswa kelas sembilan untuk data kuesioner dan satu siswa diwawancarai sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tiktok sebagai media pembelajaran menggunakan dua tahap, yaitu persiapan dan implementasi. Guru mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), power point, proyektor, laptop, dan sound. Pada pelaksanaannya, guru menjelaskan materi iklan dan memberikan tugas kepada siswa dengan membuat video tentang iklan di Tiktok secara berkelompok untuk didiskusikan pada pertemuan selanjutnya. Dengan menggunakan Tiktok, materi advertisement menjadi lebih mudah dan efektif untuk dipahami, memperkaya kosakata, serta memotivasi siswa untuk terus belajar bahasa Inggris. Menggunakan Tiktok dalam proses pembelajaran, memungkinkan guru untuk mengembangkan berbagai strategi dalam pembelajaran. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah kesulitan sinyal, kendala smartphone atau beberapa siswa yang tidak diperbolehkan menggunakan smartphone. Namun hal ini dapat diatasi dengan membentuk kelompok-kelompok sehingga setiap anggota kelompok dapat saling membantu satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNikmah, AlfuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengalaman guru, Tiktok, Media menarik untuk belajar bahasa Inggris
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris (BI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:32
Last Modified: 23 Nov 2023 02:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item