Studi Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas VI MI NU Tamrinus Sibyan Pladen Tahun Pelajaran 2022/2023

Farah, Aliyya Ishlah (2023) Studi Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya Melalui Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas VI MI NU Tamrinus Sibyan Pladen Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (743kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (455kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (948kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang dirasa sulit dan butuh proses pembelajaran yang berbeda agar siswa dapat mencapai hasil belajar maksimal. Pada materi sistem tata surya tidak cukup dengan metode ceramah dan sumber dari buku, dikarenakan pada buku hanya tersedia gambar yang statis dan teori-teori yang menjelaskan tentang tata surya. Hal ini dapat menimbulkan rasa malas dalam mempelajari tata surya. Untuk itu, guru memilih model pembelajaran yang tepat untuk materi tata surya supaya siswa mempunyai pemahaman yang lengkap dan komprehensif. Salah satu model yang tepat diterapkan adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model PjBL)pada mata pelajaran IPA materi tata surya kelas VI di MI NU Tamrinus Sibyan Pladen. 2) Kendala dalam penerapan model PjBL pada mata pelajaran IPA materi tata surya kelas VI di MI NU Tamrinus Sibyan Pladen. 3) Hasil belajar dari penerapan model PjBL pada mata pelajaran IPA materi tata surya kelas VI di MI NU Tamrinus Sibyan Pladen. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi proses pembelajaran, wawancara, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model PjBL pada materi tata surya kelas VI di MI NU Tamrinus Sibyan Pladen sudah tergolong dalam kategori baik. Penerapan model PjBL mencakup tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap-tahap pembelajaran guru sudah menerapkan sintaks model PjBL dengan baik. (2) Penerapan model PjBL pada mata pelajaran IPA materi tata surya di kelas VI MI NU Tamrinus Sibyan Pladen sudah terlihat baik dan hampir tidak ada kendala, bahkan sebagian besar siswa sudah antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (3) Model PjBL tepat digunakan untuk meningkatkan nilai hasil belajar siswa. Terbukti rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan. Rata-rata awal hasil belajar siswa yaitu 74,6 dengan kategori tuntas 15 siswa (65%) dan setelah diterapkan model PjBL meningkat menjadi 87,6 dengan kategoi tuntas 20 siswa (87%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMashlahah, Any UmyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Project Based Learning (PjBL)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:29
Last Modified: 01 Dec 2023 08:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item