Self Regulation Peserta Didik Melalui Penerapan Model Reciprocal Learning Pada Materi Plantae Kelas X IPA di MA Mu’allimat NU Kudus

Zahro, Qurrotu Aini Fatimatuz (2023) Self Regulation Peserta Didik Melalui Penerapan Model Reciprocal Learning Pada Materi Plantae Kelas X IPA di MA Mu’allimat NU Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (991kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (344kB)
[img] Text
03. Daftar isi.pdf

Download (390kB)
[img] Text
04. Bab 1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
05. Bab 2.pdf

Download (645kB)
[img] Text
06. Bab 3.pdf

Download (443kB)
[img] Text
07. Bab 4.pdf

Download (534kB)
[img] Text
08. Bab 5.pdf

Download (251kB)
[img] Text
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat Self Regulation peserta didik. (2) Pengaruh model Reciprocal Learning terhadap Self Regulation. (3) Respon Peserta Didik terhadap penerapan model Reciprocal Learning pada materi Plantae. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperimen dengan desain posttest-only control group. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang diperoleh kelas X IPA 1 (eksperimen) dan X IPA 3 (kontrol) sebanyak 82 peserta didik. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua lembar angket dan satu lembar observasi. Lembar angket pertama untuk mengetahui kemampuan Self Regulation peserta didik, lembar angket kedua untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model Reciprocal Learning, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui sikap dan aktivitas guru dan peserta didik serta mengukur keterlaksanaan sintaks model pembelajaran Reciprocal Learning. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunkan uji Independent Sample T Test. Adapun hasil akhir penelitian ini adalah: (1) Self Regulation peserta didik pada materi Plantae sebesar 74,12 tergolong interpretasi kuat dengan skor kegiatan peserta didik pada pertemuan pertama sebesar 85% berkategori sangat baik dan pada pertemuan kedua dengan skor kegiatan peserta didik sebesar 89,28% berkategori sangat baik. (2) Penerapan model Reciprocal Learning berpengaruh terhadap Self Regulation peserta didik pada Materi Plantae di kelas eksperimen yakni bernilai signifikansi sebesar 0,004<0,05. (3) Respon peserta didik terhadap penerapan model Reciprocal Learning pada materi Plantae yaitu sebesar 51% peserta didik memberikan respon positif dan 49% peserta didik memberikan respon sangat positif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self Regulation Peserta Didik, Model Reciprocal Learning, Plantae
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Dec 2023 07:52
Last Modified: 02 Dec 2023 07:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11635

Actions (login required)

View Item View Item