Implementasi Kegiatan Outdoor Study dalam Pembelajaran IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas 7 MTs Miftahussalam 1 Demak

Ni'mah, Afifatun (2023) Implementasi Kegiatan Outdoor Study dalam Pembelajaran IPS Pada Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas 7 MTs Miftahussalam 1 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang berada dalam penggunaan metode yang monoton, guru yang lebih cenderung menggunakan metode ceramah dan siswa yang dominan lebih menyukai metode learning group, serta waktu diakhir jam sekolah yang tidak kondusif dalam memulai pembelajaranpembelajaran, siswa yang lebih suka tidur dibelakang kelas saat pelajaran, serta siswa yang lebih suka belajar dengan diskusi. Oleh sebab itu guru perlu memperbanyak kombinasi dalam memakai metode pembelajaran. Penelitian dilakukan di MTs Miftahussalam 1 Demak karena sekolah tersebut selain sudah melaksanakan metode outdoor study serta keingintahuan peneliti terhadap peranan guru dalam menjalankan metode outdoor study untuk membentuk keaktifan siswa dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Hadirnya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. karakteristik metode outdoor study dalam Pembelajaran IPS terhadap materi kegiatan ekonomi di kelas 7 MTs Miftahussalam 1 Demak. 2. pelaksanaan kegiatan outdoor study dalam pembelajaran IPS terhadap materi kegiatan ekonomi di kelas 7 MTs Miftahussalam 1 Demak. 3. mengetahui capaian pembelajaran dalam Implementasi Pembelajaran IPS Kegiatan Outdoor Study terhadap Materi Kegiatan Ekonomi di Kelas 7 MTs Miftahussalam 1 Demak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian di peroleh menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Selanjutnya semua data dikumpulkan serta dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil dari penelitian yaitu 1. karakteristik dalam metode outdoor study adalah belajar diluar kelas sehingga dengan adanya kantin sebagai prasarana sekolah yang memadahi dapat menjadi lokasi setrategis bagi materi kegiatan ekonomi untuk kelas 7 Mts Miftahussalam. 2. Pelaksaan kegiatan outdoor study dalam pembelajaran IPS berjalan dengan lancer karena persiapan yang matang dari segi tempat, materi serta tugas yang telah dipersiapkan guru. Adanya lingkungan sekitar sekolah yang mendukung bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran terutama pada metode outdoor study. Metode ini digunakan guru IPS dalam pembelajaran IPS pada materi Kegiatan Ekonomi yang mencakup produksi, konsumsi dan distribusi karena dilingkungan sekitar sekolah selain ada kantin juga para pedagang, sehingga ini padu terhadap materi tersebut. Selain itu terdapat faktor penghambat, yaitu dalam memanajemen waktu dalam presentasi dan interaksi siswa dengan pedagang yang melawati batas yang di tentukan. 3. Capaian pembelajaran dalam implementasi kegiatan outdoor study mencapai hasil yang diantaranya dapat bekerjasama dengan baik, dapat berkomunikasi secara luas, memiliki kesadaran berperilaku dengan baik, mampu memecahkan masalah ekonomi yang telah diamati, kritis dalam melihat kegiatan ekonomi yang diamati, memahami kegiatan ekonomi di kantin sekolah, sedangkan dalam presentase terbanyak dari capaian kegiatan outdoor study tertinggi sebesar konsep pendekatan dengan lingkungan ekonomi di sekitarnya.yang memuaskan dengan dibuktikan oleh survai angket dengan presentase dari skor maksimal dan presentase

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFatmawati, NoorUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Metode Outdoor Study, IPS
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2023 02:21
Last Modified: 03 Dec 2023 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11641

Actions (login required)

View Item View Item