Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan pemasaran pada produksi krupuk tayamum di Desa Ngaluran Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak

Musyahadah, Arifatul (2023) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan pemasaran pada produksi krupuk tayamum di Desa Ngaluran Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (357kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)

Abstract

Dalam menjalankan bisnis tentunya sebuah perusahaan atau UMKM memerlukan adanya strategi pemasaran dalam mengenalkan produk untuk meningkatkan penjualannya. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui : 1) strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan penjualan pada usaha kerupuk tayamum di Desa Ngaluran Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak. 2) kendala yang dihadapi pada pengelolahan kerupuk tayamum di Desa Ngaluran Kecamatan Karangayar Kabupaten Demak. Penelitian ini termasuk penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggunakan pendekatan kaulitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dengan pemilik, karyawan dan pembeli pada usaha kerupuk tayamum milik Bapak Udi, Bapak Mukhlis, dan Bapak Heru, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha krupuk tayamum Bapak Udi, Bapak Mukhlis, dan Bapak Heru adalah dengan menerapkan marketing mix 4P yaitu produk, harga, tempat, dan promosi. Adapun penerapan produk adalah dengan menciptakan merek, menciptakan kemasan yang aman, menciptakan kualitas bahan baku yang aman serta memiliki bebebrapa varian ukuran dan bentuk. Kemudian penerapan harga memberikan potongan harga dengan pembelian 1 ton ke atas. Kemudian penerapan strategi melalui tempat/distribusi dengan melalui distribusi langsung, distribusi pengecer, dan ditribusi melalui agen. Kemudian dengan penerapan promosi melakukan strategi mulut kemulut (word of mouth), media sosial (facebook dan wahtsApp), penyebaran browsure. 2) kendala dan solusi yang dihadapi pada usaha kerupuk tayamum di Desa Ngaluran dalam meningkatkan pejualan adalah kurangnya pengetahuan luas pelaku usaha terhadap pemanfaatan internet marketing serta keadaan cuaca yang tidak menentu dan sulit untuk diprediksi, dengan solusi yang diberikan perlu adanya pemikiran yang postif dalam setiap permasalahan, menjalankan strategi yang sudah pernah dijalankan sebelumnya serta tetap fokus terhadap tujuan awal untuk mencapau pasar secara luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMustaqim, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 4P (Produk, Tempat, Harga dan Promosi)
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2023 02:25
Last Modified: 03 Dec 2023 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11642

Actions (login required)

View Item View Item