Sulhadi, Muchlis (2023) Manajemen Pembelajaran Pesantren Program 8 Tahun Dalam Mendidik Karakter Santri Di Pondok Pesantren Roudlotul Huda Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (483kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
Bab II.pdf Download (639kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (327kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (771kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (339kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran pesantren program 8 tahun, pembinaan karakter santri yang meliputi religious, mandiri, kerja keras, dan peduli lingkungan serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen pembelajaran program 8 tahun yang dilaksanakan di pondok pesantren Roudlotul Huda Kalinyamatan Jepara Jenis penelitian ini bisa dikatakan sebagai field research yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan yang meneliti tentang manajemen pembelajaran pesantren program 8 tahun dalam mendidik karakter santri di pondok pesantren Roudlotul Huda yang terletak di desa margoyoso, Kalinyamatan Jepara yang membahas sistem manajemen pembelajarannya, pembinaan-pembinaan karakter santri, dan faktor-faktor yang mendukung serta menghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah keluarga ndalem (sanak saudara) pondok pesantren Roudlotul Huda, qari’in atau guru, alumni dan para santri. Dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang terkait tentang menajemen pembelajaran program 8 tahun dalam mendidik karakter santri. Adapun setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Penelitian ini berhasil memperoleh temuan diantaranya manajemen pembelajaran 8 tahun dalam mendidik karakter santri dilakukan dengan belajar di tingkatan dasar yakni kelas Al-Ibtida’ bertahap sampai ke tingkatan paling tinggi yakni kelas As-Sabi’ yang materi pelajarannya disesuaikan dengan kapasitas kelas masing-masing. Kemudian pembinaan karakter santri dilakukan dengan sikap pembiasaan yang telah diprogramkan dalam kegiatan pesantren, karakter yang dididik yaitu religious, mandiri, kerja keras dan peduli lingkungan semua kegiatan sudah terjadwalkan dalam rangka mendidik santri berdasarkan nilai-nilai karakter yang dimaksud. Dan faktor-faktor yang mendukung adalah sistematika pembelajaran yang dirancang sangat praktis, peran kyai/pengasuh yang kompeten, peran daripada para alumni. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat adalah masih kurangnya pendidik yang profesional, kesungguhan dari niat para santri dalam belajar, dan pengaruh lingkungan diluar pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran Pesantren, Karakter Santri | |||||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren |
|||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2023 02:45 | |||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2023 02:45 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11665 |
Actions (login required)
View Item |