Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Verbal Abuse pada Siswa Kelas X di SMK LEMURIA Kudus

Fitriani, Siti Naila (2023) Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengurangi Verbal Abuse pada Siswa Kelas X di SMK LEMURIA Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (952kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (600kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (552kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (572kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (334kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui tingkat verbal abuse sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada kelas X di SMK LEMURIA Kudus. (2) Untuk mengetahui tingkat verbal abuse setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing pada siswa kelas X di SMK LEMURIA Kudus. (3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik role playing dalam mengurangi verbal abuse pada siswa kelas X di SMK LEMURIA Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre experimental design dalam bentuk one group pretest-posttest (satu kelompok pretest-posttest). Populasi penelitian berjumlah 33 siswa. Sampel penelitian sebanyak 8 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pelaksanaan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing yang dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK LEMURIA Kudus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa observasi dan kuesioner/angket verbal abuse. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik parametrik paired sample T-Test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing mampu untuk menurunkan tingkat verbal abuse pada siswa kelas X di SMK LEMURIA Kudus. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji paired Sample T-Test dengan perolehan nilai t sebesar 13.621 dan sig. (2-tailed). Berdasarkan hasil uji Paired Sample T Test diperoleh menunjukkan bahwa nilai signifikansinya ialah 0.000, artinya < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat memberikan pengaruh terhadap penurunan verbal abuse

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidhoh, InayatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Role Playing, Verbal Abuse
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2023 01:56
Last Modified: 09 Dec 2023 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11671

Actions (login required)

View Item View Item