Implementasi Alhikmah Mobile Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Anggota Di BMT Al-Hikmah Semesta Jepara Perspektif Manajemen Perbankan Syariah

Pramudita, Zeta (2023) Implementasi Alhikmah Mobile Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Anggota Di BMT Al-Hikmah Semesta Jepara Perspektif Manajemen Perbankan Syariah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (721kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (878kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Tujuan yang ingin capai dalam penelitian ini adalah menjelaskan dan memberikan suatu gambaran pengimplementasian alhikmah mobile dalam meningkatkan pelayanan terhadap anggota di BMT Al-Hikmah Semesta Jepara dengan menggunakan perspektif manajemen perbankan syariah beserta kendala dan solusi yang mempengaruhinya. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan peneliti adalah sumber data primer yang berasal dari wawancara dan sumber sekunder yang berasal dari observasi serta dokumentasi, catatan dan dokumen yang terkait. Teknik pengumpulan data dilaksanakan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan peneliti adalah uji triangulasi yang meliputi, triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripstif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi alhikmah mobile di BMT Al-Hikmah Semesta Jepara memiliki peran yang baik dengan memberi kemanfaatan, memberi informasi, komunikasi dan interaksi serta transaksi. Implementasi alhikmah mobile di BMT Al-Hikmah Semesta Jepara mengalami peningkatan pelayanan dan fitur mobilenya juga memudahkan dalam pelayanan. Kendala yang dihadapi ialah kurangnya pengetahuan tentang teknologi dan digitalisasi, faktor usia anggota dan jaringan internet. Solusi yang dilakukan ialah melakukan sosialisasi yang dilakukan dari karyawan kepada anggota, sasaran pengguna alhikmah mobile, melakukan transaksi ke kantor cabang terdekat. Pengimpementasian alhikmah mobile juga telah menerapkan perspektif manajemen perbankan syariah dengan menjalankan prinsip amar ma’ruf nahi munkar, kewajiban menegakkan kebenaran, kewajiban menegakkan keadilan, kewajiban menyampaikan amanah serta menghindari aspek kemudharatan yang meliputi: tadlis, gharar, bai’ ikhtikar, bai’ najasy, maysir dan riba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAristoni, AristoniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Alhikmah Mobile, Pelayanan, BMT Al-Hikmah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:42
Last Modified: 15 Dec 2023 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item