Pengaruh Gaya Kepemimpinan Islam, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Konveksi Sinar Jaya Kudus

Sa’adah, Zulfa Khoirus (2023) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Islam, Motivasi Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Konveksi Sinar Jaya Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (800kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (360kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (740kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (769kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (877kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)

Abstract

Dalam menghadapi para pesaing di era kompetisi saat ini, pelaku usaha dituntut untuk dapat menciptakan keunggulan yang kompetitif. Maka, pelaku usaha harus memiliki kemampuan mengatur berbagai sumber daya dengan cara memperhatikan faktor sumber daya manusia. Penelitian ini di latar belakangi adanya permasalahan yang terjadi di konveksi Sinar Jaya Kudus yakni naik turunnya kepuasan kerja karyawan. Karyawan konveksi Sinar Jaya tidak secara terus menerus atau konsisten memiliki perasaan senang atau puas terhadap pekerjaan yang dimiliki dan hal tersebut berdampak pada keberhasilan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan islam, motivasi kerja, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan konveksi Sinar Jaya Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni teknik non probability sampling dengan teknik sampel jenuh yang berjumlah 32 karyawan konveksi Sinar Jaya Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, penyebaran angket dan observasi kepada seluruh karyawan konveksi Sinar Jaya Kudus. Penelitian ini menggunakan SPSS 26 menunjukkan hasil gaya kepemimpinan islam, motivasi kerja, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil tersebut dibuktikan pada uji t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel 2,048 dengan taraf signifikan kurang dari 0,05. Variabel gaya kepemimpinan islam memperoleh nilai thitung 3,255 > ttabel 2,048 dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05. Variabel motivasi kerja memperoleh nilai thitung 2,436 > ttabel 2,048 dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05. Variabel lingkungan kerja memperoleh nilai thitung 4,011 > ttabel 2,048 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,869 atau 86,9%. Hal tersebut memperlihatkan bahwa kemampuan variabel gaya kepemimpinan islam, motivasi kerja, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan 86,9%. Sedangkan 13,1% dapat dipengaruhi variabel lain selain ketiga variabel yang terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaharany, Indah DewiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Islam, Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja Karyawan
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:09
Last Modified: 19 Dec 2023 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11717

Actions (login required)

View Item View Item