Studi Eksperimen Penerapan Metode Eja Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di MI NU Baitul Mukminin Jati Kudus Tahun pelajaran 2022/2023

Nisa, Navira Chairin (2023) Studi Eksperimen Penerapan Metode Eja Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 di MI NU Baitul Mukminin Jati Kudus Tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (885kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (629kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (658kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (596kB)
[img] Text
8. DAPUS.pdf

Download (392kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diantaranya adalah : untuk mengetahui aapakah ada perbedaan dalam penerapan metode eja untuk mengetahui untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 di MI NU Baitul Mukminin Jati Kudus. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I A MI NU Baitul Mukminin Jati kudus sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas I B MI NU Bautul Mukminin Jati Kudus sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui keetrampialn membaca siswa adalah angket berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode eja berlangsung dengan kondusif. Serta hasil dari Uji N-Gain dilakukan untuk mengidentifikasi keterampian membaca siswa setelah diberi perlakuan mengalami peningkatan. Peningkatan ini diambil dari nilai pretest dan posttest yang didapatkan oleh siswa. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain Score menunjukan bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen 12, 1182 dengan Sedangkan pada kelas kontrol hasil nili N-Gain Score 11, 9902 Pada koefisien determinasi diperoleh bahwa metode eja terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia berpengaruh sebesar 34,6 %. Hasil dari nilai signifikansi pada tabel uji signifikansi parsial (Uji t) dengan membandingkan nilai t_hitungdengan nilai t_(tabel .) Nilai t_(tabel .) dapat dicari dengan nilai signifikan 5% atau uji dua arah (0,05/2)= 0,025, t_(tabel .) Diketahui sebesar 2, 056. Terdapat nilai t_hitung 2,182 lebih besar dari t_(tabel .) 2, 056. Nilai Maka H_o di tolak ditolak (menerima H_I) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eja berpengaruh signifikan terhadap karakter gemar membaca siswa kelas I pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MI NU Baitul Mukminin Jatai Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMubarok, HusniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Eja, Keterampilan Membaca
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:58
Last Modified: 20 Dec 2023 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/11723

Actions (login required)

View Item View Item